EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 1 BALONGBENDO

Authors

  • UUN MUSFIANI

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih seringnya penggunaan pembelajaran konvensional saat pembelajaran matematika sehingga siswa kurang aktif dan kurang diberi kesempatan memikirkan dan menemukan suatu konsep matematika bagi dirinya sendiri, sehingga diperlukan sebuah pembelajaran matematika yang dapat mengakomodasi siswa agar terlibat aktif. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) yang dipadukan dengan teknik probing. Pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok? (3) Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok ? (4) Bagaimanakah respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok ?

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-01-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 118