EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 1 BALONGBENDO

  • UUN MUSFIANI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih seringnya penggunaan pembelajaran konvensional saat pembelajaran matematika sehingga siswa kurang aktif dan kurang diberi kesempatan memikirkan dan menemukan suatu konsep matematika bagi dirinya sendiri, sehingga diperlukan sebuah pembelajaran matematika yang dapat mengakomodasi siswa agar terlibat aktif. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) yang dipadukan dengan teknik probing. Pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok? (3) Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok ? (4) Bagaimanakah respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan teknik probing pada materi luas permukaan kubus dan balok ?
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 92