PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 SURABAYA

  • RITA RIZKI K.S

Abstract

Dalam Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 diisyaratkan bahwa siswa harus menguasai suatu kemampuan setelah belajar matematika yang salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Akan tetapi, kenyataan di lapangan berdasarkan observasi peneliti di suatu sekolah, pemecahan masalah justru sangat jarang diajarkan dalam pembelajaran matematika. Untuk itulah dalam pembelajaran matematika perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, yang salah satunya adalah model pembelajaran problem solving search, solve, create, and share.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran problem solving search, solve, create, and share dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem solving search, solve, create, and share. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini untuk dilihat kemampuan pemecahan masalahnya adalah 6 siswa, yaitu 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah.. Sedangkan subjek penelitian untuk dilihat aktivitasnya adalah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode tes, wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan model pembelajaran problem solving search, solve, create, and share, sebagian besar dari subjek penelitian pada setiap kemampuan dalam langkah pemecahan masalah termasuk kriteria baik. Sedangkan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem solving search, solve, create, and share yang paling sering dilakukan pada setiap fasenya, yaitu (1) mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama penjelasan dari guru sebanyak 18,94% pada fase search; (2) menuliskan jawaban pada lembar jawaban untuk langkah 2 (melaksanakan rencana penyelesaian masalah) sebanyak 20,56% pada fase solve; (3) menuliskan kesimpulan dan hasil akhir sebanyak 43,97% pada fase create; (4) mendengarkan presentasi dan tanggapan dari teman-teman sebanyak 76,48% pada fase share.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 286