Alur Berpikir Siswa SMP dalam Membuktikan Teorema Pythagoras melalui Tugas Pengajuan Soal Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

  • EVIANA BUDIARTI

Abstract

Satu di antara bentuk penalaran dalam Matematika adalah membuktikan suatu teorema. Namun, hal tersebut tidak mudah dilakukan siswa di setiap jenjang pendidikan, tak terkecuali siswa SMP. Kebanyakan siswa SMP tidak mudah membuktikan suatu teorema. Agar siswa dapat membuktikan teorema lebih mudah, hal tersebut dapat dilakukan melalui tugas pengajuan soal. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda. Demikian pula antara siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alur berpikir siswa SMP dalam membuktikan teorema Pythagoras melalui tugas pengajuan soal ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Enam siswa tersebut terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti, lembar tugas pengajuan soal, dan pedoman wawancara. Hasil analisis wawancara digunakan untuk mendeskripsikan alur berpikir subjek penelitian dalam membuktikan teorema Pythagoras melalui tugas pengajuan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam subjek tidak dapat mengemukakan alasan membuat soal dan alur berpikir dalam membuktikan teorema Pythagoras dari soal-soal yang diajukan. Hal ini dikarenakan keenam subjek hanya melihat informasi dari gambar yang disajikan, tanpa merencanakan atau mengetahui cara membuktikan teorema Pythagoras melalui soal-soal tersebut. Karena itu, peneliti memberikan pertanyaan-pertanyaan arahan ketika wawancara untuk membuka alur berpikir subjek dalam membuktikan teorema Pythagoras dari soal-soal yang diajukan sehingga diperoleh tiga subjek berjenis kelamin perempuan mempunyai alur berpikir yang berbeda, sedangkan tiga subjek berjenis kelamin laki-laki mempunyai alur berpikir yang sama.

Kata kunci: alur berpikir, membuktikan teorema Pythagoras, tugas pengajuan soal

Published
2015-08-11
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 86