KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • HENDIK SUGIARTO BM

Abstract

Proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Kemampuan siswa menyampaikan ide, gagasan, dan

pendapat matematika ke orang lain adalah hal yang harus dimiliki siswa. Kemampuan tersebut untuk

membantu siswa mengkonstruksi konsep dan pemahaman mereka agar lebih baik. Oleh karena itu,

diperlukan usaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Subjek penelitian terdiri dari 3

orang siswa kelas VII-F SMPN 2 Mojoagung yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa

berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes

pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga

tahapan, yaitu: (1) tahap reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) tahap penarikan kesimpulan. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika tulis dalam pemecahan .masalah

matematika: 1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi adalah akurat, lengkap, dan lancar, 2) siswa

yang berkemampuan matematika sedang adalah akurat kecuali membuat gambar/sketsa dan membuat

kesimpulan, lengkap kecuali membuat gambar/sketsa, dan lancar, 3) siswa yang berkemampuan

matematika rendah adalah akurat kecuali menggunakan rumus atau syarat, melakukan perhitungan dan

membuat kesimpulan, lengkap kecuali menggunakan rumus atau syarat dan melakukan perhitungan,

lancar kecuali menggunakan syarat atau rumus dan melakukan perhitungan. Kemampuan komunikasi

matematika lisan dalam pemecahan masalah matematika: 1) siswa yang berkemampuan matematika

tinggi adalah akurat, lengkap, dan lancar, 2) siswa yang berkemampuan matematika sedang adalah akurat

kecuali membuat gambar/sketsa dan membuat kesimpulan, lengkap kecuali membuat gambar/sketsa, dan

lancar, 3) siswa yang berkemampuan matematika rendah adalah akurat kecuali menggunakan rumus atau

syarat, melakukan perhitungan dan membuat kesimpulan, lengkap kecuali menggunakan rumus atau

syarat dan melakukan perhitungan, lancar kecuali menggunakan syarat atau rumus.

Keywords: Ide, Gagasan, Konsep, Kemampuan Komunikasi. Pemecahan Masalah

Published
2015-08-13
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 74