METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER

  • IZZATUL FITRIYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Taman tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi (SLT), satu siswa perempuan dengan kemampuan matematika tinggi (SPT), satu siswa laki-laki dengan kemampuan matematika sedang (SLS), satu siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang (SPS), satu siswa laki-laki dengan kemampuan matematika rendah (SLR), satu siswa perempuan dengan kemampuan matematika rendah (SPR). Instrumen penelitian terdiri dari tes soal cerita dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses metakognisi SLT, SPT, dan SLS dalam menyelesaikan soal cerita meliputi planning, monitoring, dan evaluating pada setiap tahap memahami soal, membuat model matematika, menyelesaikan model matematika, dan menuliskan jawaban akhir adalah hampir sama, yaitu pada bagian planning sadar pengetahuan awal yang dapat membantu, sadar terhadap arah pikirannya, sadar akan pentingnya tindakan yang dilakukan; pada bagian monitoring sadar tentang apa yang pikirkan, sadar keberadaannya pada jalan yang benar, sadar akan langkah selanjutnya yang harus dilakukan, dan sadar adanya informasi penting yang harus diingat; pada bagian evaluating sadar atas ketepatan cara dan langkah, sadar yang dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, dan sadar dapat menerapkan cara pemahaman pada soal lain; (2) Proses metakognisi SPS, SLR, dan SPR dalam menyelesaikan soal cerita meliputi planning, monitoring, dan evaluating pada setiap tahap memahami soal, membuat model matematika, dan menyelesaikan model matematika adalah hampir sama, yaitu pada bagian planning sadar pengetahuan awal yang dapat membantu; pada bagian monitoring sadar adanya informasi penting yang harus diingat; pada bagian evaluating sadar atas perlunya kembali ke tahap awal ketika mengalami kesulitan.

Kata kunci: metakognisi, soal cerita, kemampuan matematika, gender

Published
2015-08-13
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 128