EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI  LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BALOK DI  KELAS  VIII-H SMP NEGERI 22 SURABAYA

  • NI MADE WAHYUNI

Abstract

Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan yaitu mewujudkan suasana belajar yang aktif dan proses pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya. Model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi luas permukaan dan volume balok di kelas VIII-H SMP N 22 Surabaya.

Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII-H SMP N 22 Surabaya. Empat siswa dipilih secara acak secara heterogen dari kelas VIII-H sebagai subjek pengamatan aktivitas siswa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dilaksanakan selama dua pertemuan untuk pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan untuk pengerjaan tes dan pengisian angket respons siswa. Selama pembelajaran tersebut diamati pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa.

Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dapat dikategorikan baik; (2) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 89,62%, selanjutnya aktivitas siswa yang dominan adalah berdiskusi dengan siswa lain dalam satu kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru di LKS; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 86,49%;  dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD positif.

Kata kunci: Efektivitas,  kooperatif tipe STAD, matematika, kubus dan SMP

Published
2015-08-16
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 26