PROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KOLERIS DAN PHLEGMATIS

  • NUR ENDAH PURNANINGSIH

Abstract

Matematika mampu melatih berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif siswa. Pemanfaatan pengetahuan yang dimiliki, mengontrol dan merefleksi proses beserta hasil berpikirnya sendiri dapat membantunya dalam memecahkan suatu masalah. Kesadaran proses berpikir untuk merencanakan, memonitor dan mengevaluasi ini disebut sebagai metakognisi. Selain itu, kepribadian siswa juga berperan penting dalam memecahkan masalah. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas VII D SMP Negeri 22 Surabaya tahun ajaran 2013/2014 yang terwakili dengan 1 individu pada tipe kepribadian koleris dan phlegmatis. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian, lembar tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Data hasil tes pemecahan masalah dan wawancara dianalisis berdasarkan aktivitas metakognisi pada langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian koleris dan phlegmatis telah melakukan aktivitas metakognisi, yang meliputi merencanakan, memonitor dan mengevaluasi, dalam memecahkan masalah. Dan ditemukan profil metakognisi siswa sebagai berikut : pada tahap merencanakan, subjek koleris membuat coretan kecil untuk membantunya memahami masalah, dan subjek phlegmatis menyadari perlu untuk menggunakan rumus tertentu. Sedangkan tahap memonitor, subjek koleris  mengetahui terdapat cara lain, dan phlegmatis  menyadari adanya kekurangtepatan. Dan pada tahap mengevaluasi, subjek koleris yang memperhitungkan semua hal penting dalam masalah, dan subjek phlegmatis tidak melakukan pemeriksaan pada pemecahan masalah yang telah dilakukan.

 

Kata kunci: profil metakognisi, pemecahan masalah matematika, tipe kepribadian

Published
2015-08-16
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 148