KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

  • ROSI DWI PINANTI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan era globalisasi yang mengharuskan siswa menguasai keterampilan komunikasi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Sebelum itu, guru hendaknya mengetahui kemampuan komunikasi siswa melalui pemecahan masalah.  Subjek penelitian terdiri dari 2 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Mojokerto yang meliputi 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan dengan kemampuan matematika setara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan, yaitu: (1) tahap reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika subjek laki-laki dalam pemecahan masalah matematika: 1) kemampuan komunikasi matematika tulis adalah akurat, lengkap dan lancar, dan 2) kemampuan komunikasi matematika lisan adalah akurat, lengkap kecuali hal-hal yang diketahui dan ditanya, lancar kecuali hal-hal yang diketahui dan ditanya tidak dapat ditentukan. Kemampuan komunikasi subjek perempuan: 1) kemampuan komunikasi matematika tulis adalah akurat kecuali menggunakan syarat/rumus, lengkap kecuali membuat gambar/sketsa serta menggunakan syarat/rumus tidak dapat ditentukan, lancar kecuali membuat gambar/sketsa dan menggunakan syarat/rumus tidak dapat ditentukan, dan 2) kemampuan komunikasi matematika lisan adalah akurat kecuali menggunakan syarat/rumus tidak dapat ditentukan, lengkap kecuali melakukan perhitungan serta menggunakan syarat/rumus tidak dapat ditentukan, lancar kecuali menggunakan syarat/rumus dan melakukan perhitungan tidak dapat ditentukan.

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematika, pemecahan masalah.

Published
2015-08-20
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 67