Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Materi Luas Permukaan Balok

  • WIJHATUZ ZAAHIRAH

Abstract

Pendidikan yang baik bergantung pada proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh kecocokan pendekatan pembelajaran, kualitas guru dalam mengajar, keterlibatan lingkungan, keadaan siswa, materi, dan lain-lain. Pendidikan yang baik dapat terwujud jika pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru, melainkan berpusat pada siswa. Menurut beberapa ahli pembelajaran kooperatif, tipe Two Stay Two Stay dapat digunakan untuk mewujudkan pendidikan yang baik tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang dirancang untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi luas permukaan balok. Penelitian ini menggunakan rancangan “one-shot case study”, yaitu penelitian yang dilakukan dengan melaksanakan suatu perlakuan tertentu kepada subyek diikuti dengan pengukuran terhadap akibat perlakuan tersebut. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 Waru. Hasil penelitian ini diketahui aktivitas siswa tergolong aktif dengan persentase sebesar 63,28%. Respon siswa dinyatakan positif. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa sehingga dapat dikatakan juga tuntas secara klasikal dengan presentase sebesar 78%. Sedangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dinyatakan baik dengan rata-rata 3,47.

Kata kunci : two stay two stray

Published
2015-08-20
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 59