IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS KELAMIN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi enam siswa dari kelas VII-A SMP Negeri 1 Beji diantaranya satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, satu siswa laki-laki dengan kemampuan sedang mendekati rendah, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati tinggi, satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati rata-rata, dan satu siswa perempuan dengan kemampuan sedang mendekati rendah . Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal tes dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan tujuh karakteristik berpikir kritis.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dikategorikan lebih unggul dalam berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika dibandingkan dengan siswa perempuan.
.
Kata Kunci: pemecahan masalah, berpikir kritis,jenis kelamin.
PDF Downloads: 148