PROFIL PEMECAHAN SOAL MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TAHAP BELAJAR DIENES DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP

  • ARDAWIA

Abstract

Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang membosankan karena berupa hafalan-hafalan. Untuk menarik perhatian siswa baik untuk belajar maupun mengerjakan soal perlu adanya permainan. Dienes mengemukakan teori pembelajaran matematika berbentuk permainan yang memiliki 6 tahap belajar, yaitu permainan bebas, dengan menggunakan aturan, kesamaan sifat, representasi, simbolisasi, dan formalisasi. Teori ini menekankan pada konsep-konsep melalui permainan yang mengarah pada konsep abstrak. Konsep-konsep abstrak yang dimiliki siswa berbeda-beda berdasarkan kemampuan matematika yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pemecahan soal siswa SMP dengan menggunakan tahap belajar Dienes ditinjau dari kemampuan matematika.
Penelitian ini berjenis ekploratif yang bersifat kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Duduk Sampeyan dengan rincian satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan rendah. Sedangkan instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama serta tes kemampuan matematika, tes pemecahan soal matematika, dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi dan sedang melakukan keseluruhan tahapan belajar Dienes dalam memecahkan soal matematika yang diberikan. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya melakukan lima tahapan belajar Dienes yaitu sampai permainan simbolisasi dalam memecahkan soal.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 653