PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY PADA MATERI KOMPOSISI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 3 NGANJUK

  • YUNITA RATNA SARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa terkait dengan penerapan metode pembelajaran two stay-two stray. Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Nganjuk ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan one shot-case study. Pengambilan data dilakukan selama empat kali pertemuan dimana tiga kali pertemuan digunakan untuk menerapkan metode pembelajaran two stay-two stray dan satu kali pertemuan digunakan untuk melaksanakan tes hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, data aktivitas siswa, data hasil belajar afektif, serta hasil belajar kognitif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara umum memperoleh rata-rata skor sebesar 3,39 dan termasuk ke dalam kategori baik. Selama proses pembelajaran aktivitas yang paling dominan muncul baik pada siswa stay maupun siswa stray adalah memperhatikan penjelasan teman/guru. Di samping itu, persentase kemunculan aktivitas lain menempati urutan kedua pada siswa stay adalah menjelaskan hasil diskusi kelompok sedangkan pada siswa stray adalah mengajukan pertanyaan. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar kognitif sebesar 80,56% dan hasil belajar afektif dari 75% siswa termasuk ke dalam kategori baik.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 68