PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI BILANGAN DI SMP KELAS VII

  • ALDILA CIPTANINGTYAS

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu kegiatan pembelajaran dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok heterogen untuk bekerjasama memecahkan suatu masalah. Dalam memcahkan masalah tersebut dibutuhkan kreativitas siswa yang dapat dimunculkan melalui metode Creative Problem Solving (CPS). Perpaduan antara model pembelajaran kooperatif dan metode CPS dapat menjadikan suatu pembelajaran yang memunculkan berbagai alternatif penyelesaian sebagai wujud kreativitas siswa yang dikerjakan secara berkelompok.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif karena mendeskripsikan kemampuan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan metode Creative Problem Solving (CPS) pada materi bilangan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-shot case study. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VII-A SMP Negeri 40 Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data kemampuan pengelolaan pembelajaran, data aktivitas siswa, data hasil belajar siswa, dan data respons siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan pembelajaran dapat dikatakan efektif dengan skor rata-rata 3,43 dan termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa selama pembelajaran dapat dikategorikan efektif dengan rata-rata persentase yaitu sebesar 72,66%. Hasil belajar siswa yaitu secara keseluruhan kelas tersebut telah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 97,44%. Respons siswa setelah mengikuti pembelajaran tergolong positif dengan skor sebesar 100%.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, metode Creative Problem Solving (CPS)

Published
2016-08-11
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 86