KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAS) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KRIAN

  • AULIA KHOLIFATUL KHASANAH

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika menjadi kompetensi yang harus dikuasai siswa, karena dengan adanya kemampuan komunikasi matematika siswa dapat mengungkapkan ide-ide matematika yang dimilikinya baik secara lisan maupun tulisan, mengembangkan kemampuan membentuk model matematika dari suatu masalah, dan sebagai wahana komunikasi antara guru dan siswa serta antar siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu untuk melatih kemampuan komunikasi matematika adalah pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs).

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika antar siswa selama diskusi kelompok, kemampuan komunikasi matematika siswa secara tulisan, dan kemampuan komunikasi matematika siswa secara lisan pada pembelajaran dengan pendekatan MEAs pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot-Case Study” dengan menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Subjek yang terpilih adalah lima siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Krian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematika antar siswa selama diskusi kelompok pada pembelajaran dengan pendekatan MEAs pada materi program linear di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Krian termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 17 pada interval ; (2) kemampuan komunikasi matematika siswa secara tulisan termasuk dalam kategori baik dengan skor 11,40 pada interval ; (3) kemampuan komunikasi matematika siswa secara lisan termasuk dalam kategori baik dengan skor 10,70 pada interval .

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs).

 

Published
2016-08-11
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 69