PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DENGAN TAHAP CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • NOVITA DEWI SIDABUTAR

Abstract

Pemecahan masalah dapat melatih siswa untuk berpikir kreatif. Soal dalam penelitian ini menggunakan masalah open-ended agar siswa dapat memberikan ide kreatif dalam memecahkan masalah. Masalah open-ended yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu masalah matematika yang menuntut siswa untuk memberikan banyak cara penyelesaian. Profil pemecahan masalah matematika open-ended akan diidentifikasi berdasarkan tahap Creative Problem Solving (CPS) yaitu menemukan tujuan, mengumpulkan data, menemukan masalah, menemukan ide, menemukan solusi, dan implementasi ide. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika open-eded dengan tahap Creative Problem Solving (CPS) ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi dan satu siswa berkemampuan matematika sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat melalui keenam tahap dengan baik. Namun dalam tahap idea finding subjek mengalami kesulitan dalam melaksanakan perencanaan yang telah mereka rencanakan untuk memecahkan masalah. Sehingga, subjek tidak bisa menerapkan perencanaan tersebut dengan baik. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dikategorikan kedalam tingkat berpikir kreatif tingkat 0 (tidak kreatif). Siswa dengan kemampuan matematika sedang kurang dapat memahami masalah, dan tidak dapat menemukan perencanaan untuk memecahkan masalah. Subjek cenderung tidak melalui langkah idea finding dan acceptance finding. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dikategorikan ke dalam tingkat berpikir kreatif tingkat 0 (tidak kreatif).

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Masalah Open-Ended, Creative Problem Solving (CPS), Berpikir Kreatif, Kemampuan Matematika

Published
2016-08-11
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 92