REPRESENTASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • SITI MARYAM

Abstract

Representasi merupakan ungkapan ide matematika yang digunakan untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi sebagai hasil interpretasi pikiran. Perbedaan kemampuan matematika memungkinkan terjadinya perbedaan representasi siswa dalam menyelesaikan soal open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal  open-ended  ditinjau dari kemampuan matematika.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara.  Metode tes yang digunakan yaitu tes  kemampuan matematika dan tes open-ended. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa  kelas VIII-J SMP Negeri 2 Waru tahun ajaran 204/2015 yang terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Representasi yang dimunculkan siswa dianalisis berdasar pengklasifikasian ke dalam jenis representasi visual berupa gambar atau tabel, representasi verbal (kata-kata), dan representasi simbol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi yang cenderung dimunculkan tiga siswa dalam menyelesaikan soal open-ended adalah representasi simbol. Subjek berkemampuan matematika tinggi dan rendah memunculkan representasi visual berupa gambar tetapi gambar tersebut tidak digunakan dalam menyelesaikan soal hanya sebagai ide awal.

Kata Kunci: Representasi, Soal Open-Ended, Kemampuan Matematika.

Published
2016-08-11
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 846