PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMLAGI MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v6n2.p%25pAbstract
ABSTRAK
Pembelajaran matematika diberikan di sekolah guna membekali siswa kompetensi diantaranya sikap
logis, kritis, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah sehari – hari. Oleh karena itu, guru
dituntut menerapkan pembelajaran yang dapat membekali siswa kompetensi tersebut. Pada kenyataan di
lapangan, model pembelajaran yang diterapkan guru di kelas kurang bermakna sehingga berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang dapat memberikan pembelajaran bermakna bagi
siswa dengan melibatkan siswa dalam membangun pemahamannya melalui pengalaman mereka dan dunia
nyata sehingga siswa tidak hanya sekedar hapal terhadap materi yang disampaikan, namun siswa dapat
memecahkan masalah mereka sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan
pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran
berbasis proyek pada materi aritmetika sosial siswa kelas VII
Rancangan penelitian menggunakan one shot case study. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru
matematika (peneliti) dan siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Kemlagi tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan
data dilakukan selama empat pertemuan. Tiga pertemuan pertama untuk pengambilan data pengelolaan
pembelajaran dan aktivitas siswa dan pertemuan terakhir untuk pengambilan data hasil belajar dan respon
siswa.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan skor
rata-rata 3,64; (2) aktivitas siswa dikategorikan aktif (3) Ketuntasan klasikal sebesar 80,64% dan rata –
rata nilai proyek adalah 81,65; (4) respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran
berbasis proyek yaitu positif.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Aritmetika Sosial
ABSTRACT
Mathematics learning is given in schools to equip students with competencies such as logical, critical,
and not easily give up in solving daily problems. Therefore, teachers are required to apply learning that can
equip students of these competencies.As the reality on the ground, most of teachers applied less meaningful
learning model that adversely affects the student’s achievement. One of the efforts to solve these problems
is to apply a project-based learning model that can provide meaningful learning for students by involving
students in building their understanding through their experiences and the real world so that students not
only memorized the material presented, but students can solve their daily problems. This research is aimed
to describe the management of learning, student activities, student’s learning outcome and student’s
response after implementation of project-based learning model for the material of social arithmetic in 7th
grade student
The study design used one shot case study.The subjects in this study are mathematics teacher
(researchers) and students of class VII F SMP Negeri 1 Kemlagi academic year 2016/2017. The Data were
collected for four meetings. The first three meetings for the data collection of learning management and
student activities and the last meeting for the data collection of learning outcomes and student responses.
The result of data analysis are as follow: (1) The management of learning can be categorized very well
with an average score of 3.64; (2) The student activity can be categorized active (3) Classic completeness
of 80.64% and the average project skor is 81.65 (4) Students’ response of project based learning is
categorized as positive
Keywords: Project Based Learning, Social Arithmetic
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

