PROFIL BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

  • NIKEN SUSANTI F I

Abstract

Abstrak

Berpikir reflektif merupakan proses berpikir yang menghubungkan pengalaman yang telah diperoleh siswa dengan masalah yang dihadapi, sehingga diperoleh pengetahuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berpikir reflektif muncul saat siswa menghadapi masalah. Respon siswa dalam menghadapi permasalahan dipengaruhi oleh kecerdasan dalam menghadapi masalah, yang disebut Adversity Quotient (AQ). Ada tiga tipe AQ, yaitu quitter, camper, dan climber. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika pada siswa bertipe AQ quitter, camper, dan climber.

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Katolik Stella Maris Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Terdapat tiga subjek pada penelitian ini, yang terdiri dari satu siswa dari masing-masing tipe AQ quitter, camper, dan climber. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pemberian angket, metode tes dengan pemberian tes pemecahan masalah, dan metode wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan  hasil tes ARP yang diperoleh dan wawancara berbasis tugas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil berpikir reflektif siswa quitter dalam memecahkan masalah adalah mengumpulkan informasi, menyebutkan seluruh informasi yang diketahui dalam permasalahan, menafsirkan permasalahan dengan menghubungkan informasi yang terkumpul dan pengetahuan yang dimiliki, menentukan strategi yang akan digunakan, tidak mencoba mencari alternatif yang lain, menggunakan strategi yang telah ditentukan, menentukan jawaban yang dianggap tepat dengan memeriksanya menggunakan pembuktian formal atau intuitif, tidak memeriksa ulang jawaban yang dituliskan. Profil berpikir reflektif siswa camper adalah mengumpulkan informasi yang terdapat dalam permasalahan, menyebutkan informasi dalam permasalahan, menafsirkan permasalahan dengan menghubungkan informasi yang terkumpul dan pengetahuan yang dimiliki, menentukan strategi yang akan digunakan, menggunakan strategi yang telah ditentukan dengan menuliskan jawaban sesuai dengan langkah-langkah yang ditentukan sebelumnya, mengajukan alternatif jawaban, melakukan pemeriksaan intuitif dan formal untuk memeriksa kebenaran alternatif yang diajukan, mengeliminasi alternatif yang diajukan, menentukan jawaban yang terbaik, dan memeriksa ulang jawaban yang dituliskan. Profil berpikir reflektif siswa climber dalam memecahkan masalah adalah mengumpulkan informasi yang terdapat dalam permasalahan, menyebutkan seluruh informasi dalam permasalahan, menafsirkan permasalahan dengan menghubungkan informasi yang terkumpul dan pengetahuan yang dimiliki, menentukan strategi yang akan digunakan, menggunakan strategi yang telah ditentukan dengan menuliskan jawaban sesuai dengan langkah-langkah yang ditentukan sebelumnya, mencari strategi lain untuk mengajukan alternatif jawaban, melakukan pemeriksaan intuitif dan formal untuk memeriksa kebenaran alternatif yang diajukan, mengeliminasi alternatif yang diajukan, menentukan jawaban yang terbaik, dan memeriksa ulang jawaban yang dituliskan.

Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah,  Adversity Quotient

 

Abstract

Reflective thinking is a process of thinking that connects experiences that students have acquired with problems encountered, thus gaining knowledge to solve the problem. Reflective thinking occurs when students encounter problem Student response in dealing with problems is influenced by the intelligence in facing the problems, called Adversity Quotient (AQ). There are three types of AQ, namely quitter, camper, and climber. This study aimed to describe the profile of the reflective thinking in solving mathematical problems based on students of type AQ quitter, camper, and climber.

The research was conducted on students in the ninth grade SMP Katolik Stella Maris school year 2016/2017. There are three subjects in this study, which consisted of one student from each type of AQ, quitter, camper, and climber. This research is a qualitative descriptive study. Methods used  for collecting data is questionnaires, providing problem solving test and interview. Data were analyzed based on indicators of reflective thinking in solving mathematic problems and activities that may occur when the subject trying to solve the problems which is given.

The results showed that the reflective thinking profile students quitter when solving the problem is to gather information, mentioning all the information known in the problems, interpret the problem by connecting the collected information and knowledge, determine strategies that will be used, do not try to look for other alternatives, using the strategy that has been determined, decisive answers deemed appropriate by check using formal proof or intuitive, did not check the written answer. Reflective thinking profile students camper is collecting the information contained in the issue, provide information on issues, interpreting the problem by connecting the collected information and knowledge, determine strategies that will be used, using a strategy that has been determined to write down the answers in accordance with steps predetermined, propose alternative answers, intuitive and formal examination to check the correctness of the proposed alternatives, alternatives proposed eliminating, determining the best answer, and recheck the answers written down. Reflective thinking profile students climber in solving the problem is to collect information contained in the issue, mentioning all the information in the problems, interpret the problem by connecting the collected information and knowledge, determine strategies that will be used, using a strategy that has been prescribed by writing answers in accordance with the measures predetermined, look for another strategy to propose alternative answers, intuitive and formal examination to check the correctness of the proposed alternatives, alternatives proposed eliminating, determining the best answer, and recheck the answers written down.

Keywords: problem solving, reflective thinking, adversity quotient  

Published
2018-01-29
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 127