PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) PADA MATERI KESEBANGUNAN

  • HANIEF ABDUR R

Abstract

Abstrak

Rigorous Mathematical Thinking (RMT) merupakan teori yang dikembangkan oleh James T. Kinard berdasarkan teori sosiokultural Vygotsky tentang peralatan psikologis dan Zone of Proximal Development (ZPD) dan teori Mediated Learning Experience (MLE) yang dikemukakan oleh Reuvan Feuerstein. Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) yaitu cara guru dalam memediasi siswa berdasarkan kriteria MLE untuk membangun pemahaman siswa menggunakan peralatan psikologis dan disusun berdasarkan fase-fase RMT.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Lembar Penilaian (LP), dan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Perangkat tersebut dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Analysis (analisis kinerja dan analisis kebutuhan), (2) Design (perancangan konsep perangkat pembelajaran berdasarkan analisis yang sudah dilakukan), (3) Development (pembuatan produk berdasarkan konsep yang sudah dirancang), (4) Implementation (ujicoba perangkat pembelajaran, dan (5) Evaluation (evaluasi terhadap perangkat pembelajaran yang sudah diujicoba). Uji coba penelitian bertempat di SMP Al-Azhar, Menganti, Gresik. Sedangkan subyek penelitiannya adalah 36 siswa kelas 9 Unggulan B tahun ajaran 2017/2018.

Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rerata skor validitas RPP, LKS, LP, dan media berturut-turut sebesar 3,13., 3,08., 3,17., dan 3,13., (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan penilaian secara umum oleh validator (dapat digunakan dengan revisi) dan skor keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua berturut-turut sebesar 3,23 dan 3,38 (predikat baik dan sangat baik), (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan aktivitas, hasil tes belajar, dan respons siswa. Aktivitas siswa tergolong aktif dengan persentase 77,5% pada pertemuan pertama dan 78,57% pada pertemuan kedua. Selain itu, 80,56% siswa telah memenuhi ketuntasan klasikal dan 77,31% siswa memberikan respons positif.

Kata Kunci: Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), perangkat pembelajaran, kesebangunan.

 

Abstract

Rigorous Mathematical Thinking (RMT) is a theory developed by James T. Kinard based on Vigotsky’s sociocultural theory of psychological equipment and Zone of Proximal Development (ZPD) and Mediated Learning Experience (MLE) theory by Reuvan Feuerstein. Rigorous Mathematical Thinking approach is the teacher’s way of mediating students based on MLE criteria to build student’s understanding using psychological tools and arranged based on RMT phases.

This is development research to produce learning materials include of RPP, LKS, LP, and Adobe flash-based learning media. They were developed based on ADDIE model through several phases:                      (1) Analysis (performance analysis and needs analysis), (2) Design (design of learning materials concept based on analysis’s result), (3) Development (development of learning materials based on designed concepts), (4) Evaluation (evaluation of learning materials already tested). The research trial was held at SMP Al-Azhar, Menganti, Gresik. The subjects of research were 36 students of 9th Unggulan B year 2017/2018.

The results were: (1) Learning materials was valid with average validity score of RPP, LKS, LP, and media respectively of 3,13., 3,08., 3,17., and 3,13. (2) Learning materials was practical based on the general assessment by the validator and learning implementation score at the first and second meeting respectively 3,23 and 3,38 (good and excellent), (3) Learning materials was effective based on the results of activities, writing test and student responses. Student was active with percentage of 77,5% and 78,57%. About 80,56% of students also passed the classical mastery and 77,31% of students gave positive responses.

Keywords: Rigorous Mathematical Thinking (RMT) approach, learning materials, similarity.  

 

Published
2018-01-31
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 150