PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER – VERBALIZER

  • RISKA ANITA BESTIYANA

Abstract

Abstrak

Berpikir kritis merupakan perwujudan dari berpikir tingkat tinggi yang biasa dikenal dengan nama Higher Order Thinking serta berpikir kritis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Banyak yang beranggapan bahwa untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa maka siswa harus dihadapkan oleh masalah-masalah yang bersifat menantang bagi siswa. Strategi setiap siswa untuk menyelesaikan masalah tentunya tidak lepas dari cara siswa menerima dan mengolah informasi yang didapatkan. Berbagai macam strategi tersebut dipengaruhi oleh gaya kognitif seseorang tersebut. Gaya kognitif yang berkaitan dengan perbedaan dalam penerimaan informasi secara visual maupun verbal biasa dikenal dengan nama gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking matematik ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunkan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016-2017. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Taman dengan rincian satu siswa dengan gaya kognitif visualizer dan satu siswa dengan gaya kognitif verbalizer dengan jenis kelamin sama. Sedangkan instrumen pada penelitian ini yaitu angket gaya kognitif, dan Soal Higher Order Thinking.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya pada tahap interferensi siswa dengan gaya kognitif visualizer menjelaskan dengan cara menggambar dan membaca lembar soal sedangkan siswa dengan gaya kognitif verbalizer menjelaskan dengan bahasanya sendiri meskipun terkadang dengan melihat lembar soal. Pada tahap analisis dan evaluasi siswa dengan gaya kognitif verbalizer lebih terperinci menjelaskan dalam bentuk tulisan maupun lisan dibanding dengan siswa dengan gaya kognitif visualizer. Pada tahap inferensi kedua siswa menjelaskan alternatif jawaban lain selain yang telah mereka tulis. Serta pada tahap eksplanasi kedua siswa menyimpulkan berdasarkan dua alternatif jawaban yang telah mereka dapatkan. Sedangkan pada tahap regulasi diri kedua siswa dapat mereview ulang alternatif jawaban yang telah mereka ungkapkan sebelumnya.

Kata kunci: Berpikir kritis, Higher Order Thinking, gaya kognitif visualizer-verblizer.

Abstract

Critical thinking is a form of higher level of thinking which is known as higher order thinking as one of teaching Mathematics purposes. Many people think that to train the students’ critical thinking, students should be exposed to some challenging problems. Students’ strategies to solve the problem are based on how the students receive and process the informations which they get. Those strategies are affected by their own cognitive styles. The cognitive styles which are related to the difference of information acceptance visually or verbally are known as visualizer and verbalizer cognitive style. This research is aimed to describe Junior High School students critical thinking profile in solving Mathematics Higher Order Thinking Questions which is observed by visualizer – verbalizer cognitive style.

This research is descriptive research which uses qualitative approach and it will be done in the even semester of 2016 – 2017. The subject of this research is the VII-A students of  SMP Negeri 1 Taman in detail one student of visualizer cognitive style and one student of verbalizer cognitive style with the same gender. The research instrument are cognitive style questionnaire and Higher Order Thinking Questions.

The results of this research show that in the interference level, student with visualizer cognitive style explained by drawing and reading the question sheet while the student with verbalizer cognitive style explained by using their own language although sometimes she still looking to the question sheet. On the analysis and evaluation level, student with verbalizer cognitive style explained more detail in the form of written and oral than the student with visualizer cognitive style. In inference level, both of the students explained the other alternative answers from the one that they have already written. In the explanation level, both of the students conclude based on the two alternative answers thet they have already got. Last, in the self regulation level both of the students were reviewing the alternative answer that they have already revealed before.

Keywords: Critical thinking, Higher Order Thinking, visualizer – verbalizer, cognitive style.

Published
2018-02-15
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 144