PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

  • Pratiwi Novitasari Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Masriyah Masriyah Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Keterampilan berpikir kreatif perlu dikuasai oleh siswa, karena keterampilan berpikir dapat mendorong seseorang terampil dalam memecahkan masalah. Salah satu penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah adalah gaya belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan indikator berpikir kreatif dari Guilford yang meliputi kefasihan, keluwesan, keaslian, penguraian, dan perumusan kembali. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik).

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa gambaran tentang profil keterampilan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa dari SMP Negeri 1 Ngawi kelas VII I tahun ajaran 2017/2018, dengan masing-masing subjek mewakili gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memenuhi indikator kefasihan, keluwesan, keaslian, dan penguraian. Siswa dengan gaya belajar auditori memenuhi indikator kefasihan, keaslian, dan penguraian. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi indikator kefasihan, keluwesan, keaslian, dan penguraian. ketiga siswa tersebut belum dapat memenuhi indikator perumusan kembali, karena belum dapat merumuskan persoalan berdasarkan sudut pandang yang berbeda dengan apa yang diketahui oleh siswa lain.

Kata Kunci : Keterampilan berpikir kreatif, masalah matematika, gaya belajar

Abstract

Creative thinking skills need to be mastered by students, because creative thinking skills can encourage someone skilled in solving problems. One of the causes of students’ difficulties in solving problems is the students’ learning styles which consist of (visual, auditory, and kinesthetic).

This study uses Guilford's creative thinking indicators which consist of fluency, flexibility, originality, elaboration, and redefinition. The purpose of this study is to describe the profile of students' creative thinking skills in solving mathematical problems viewed from learning styles (visual, auditory, and kinesthetic).

The type of this research is descriptive research with qualitative approach that produces descriptive data in the form of description of the students creative thinking skill profile in solving mathematical problems viewed from learning styles. Subjects in this study consisted of three grade VII students of SMP Negeri 1 Ngawi with each subject representing visual, auditory, and kinesthetic learning styles.

The results show that students with visual learning styles meet indicators of fluency, flexibility, originality, and elaboration. Students with auditory learning style meet indicators of fluency, originality, and elaboration. Students with kinesthetic learning style meet indicators of fluency, flexibility, originality, and elaboration. These students have not been able to meet the redefinition indicators, because they have not been able to formulate the problem based on a different point of view from what the other students know.

Keywords: Creative thinking skills, mathematical problems, learning styles

Published
2018-04-16
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 87