KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR SISWA SMP MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

  • RADHIFA EKA DIA DARA
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas siswa. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat dilihat berdasarkan tingkat kecerdasan logis-matematis yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah memiliki hubungan positif dengan kecerdasan logis-matematis. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis tinggi maka mampu dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis, dapat dilakukan dengan menggunakan tahapan Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa, berdasarkan tingkat kecerdasan logis-matematis dengan menggunakan tahapan Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (tes kecerdasan logis-matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah aljabar) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis tinggi melakukan seluruh tahapan Polya pada saat menyelesaikan permasalahan, (2) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis sedang hanya melakukan beberapa tahapan Polya secara tepat, yaitu melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, (3) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan logis-matematis rendah tidak mampu melakukan seluruh tahapan Polya dengan tepat saat menyelesaikan permasalahan.

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan logis-matematis, tahapan Polya, aljabar.

Abstract

Problem solving is one of the abilities that must be developed to improve the quality of students. Students ability in solving problems can be seen based on their level of logical-mathematical intelligence. There is a positive correlation between logical-mathematical intelligence and problem-solving ability. The students who have high level of logical-mathematical intelligence, be able in solving problems. Furthermore, to find out the ability of students in solving problems based on logical-mathematical intelligence, it can use Polya’s problem solving. The purpose of this study is to find out and describe the ability of students’ algebra, based on the level of intelligence-mathematical by using Polya’s problem solving. The method used in this research is descriptive qualitative. The data technique used is the test (logical-mathematical intelligence and problem-solving ability of algebra) and interview. The result of the research shows that (1) students who have high logical-mathematical intelligence level perform all Polya’s problem solving when solving the problem, (2) students who have logical-mathematical level of intelligence are doing some Polya’s problem solving appropriately, that is carrying out the plan and looking back, (3) students who have low level of logical mathematical intelligence are not able to perform all Polya’s problem solving correctly when solving the problem.

Keywords: problem solving ability, logical-mathematical intelligence, Polya’s problem solving, algebra.






Published
2018-05-31
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 82