PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

  • DWI AYU SEPTYANI
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Berpikir kritis merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang penting untuk dimiliki seorang siswa agar dapat memecahkan masalah matematika dengan baik. Pengajuan masalah adalah salah satu strategi untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMP dalam pengajuan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII-A dan VIII-C SMP Negeri 1 Taman tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan proses berpikir kritis siswa bergaya kognitif visualizer dan verbalizer. Siswa bergaya kognitif visualizer dalam menyelesaikan masalah menunjukkan memahami petunjuk atau perintah dengan menggambarkan kembali apa yang diketahui, memahami informasi walaupun sebelumnya siswa harus membaca berulang kali untuk memahami informasi pada masalah yang memuat informasi verbal. Untuk mempermudah memahami informasi, subjek visualizer menggambarkan kembali dari apa yang diketahui. Siswa bergaya kognitif verbalizer dalam menyelesaikan masalah menunjukkan memahami petunjuk, memahami informasi tetapi siswa mengalami kesulitan dalam memahami informasi pada masalah yang memuat informasi visual sehingga harus mencermati berkali-kali, mengidentifikasi informasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, mengajukan langkah-langkah menyelesaikan masalah tetapi siswa kurang teliti pada tugas pertama sehingga jawabannya kurang tepat, dan menjelaskan semua tindakan dan langkah yang dilakukan dengan kata-katanya sendiri. Pada pengajuan masalah, siswa memahami petunjuk atau perintah, memahami informasi tetapi siswa kurang tepat dalam menggambarkan garis ke dalam bidang koordinat.

Kata kunci: berpikir kritis, pengajuan masalah tipe post solution posing, gaya kognitif visualizer-verbalizer.


Abstract

Critical thinking is high-level thinking skills that is important for students to solve mathematical problem well. Problem posing is a strategy to know student’s critical thinking process. The purpose of the research are describing junior high school students’ critical thinking process in mathematical problem posing based on visualizer and verbalizer cognitive styles. The research was qualitative descriptive that is held in Class VIII-A and VIII-C Junior High School 1 Taman in 2017/2018. Methods of data collections are test and interview methods. Subjects of the research are on student who has visualizer cognitive style and one student who has verbalizer cognitive style. Both of them have equivalent ability on high category of mathematics ability and same sex that is women. The results showed that there are differences in critical thinking process of cognitive-style visualizer and verbalizer students. The student who has visualizer cognitive style in solved problem showed understand the instructions or commands by redrawing what is known, understand the information although previously student should read repeatedly to understand the information on the problem containing the verbal information. To make it easier to understand information, the subject visualizer reflects back from what is known. The student who has verbalizer cognitive style in solved problem showed understand the instruction, understand the information but student have difficulty to understanding the information on the problem that contains the visual information so it must be scrutinized many times, identify the information that can use in solving problem, propose the step that is used to solve the problem but the student are less careful on the first task so the answer is incorrect, and describe all the actions and steps that is done with his own words. In pose problem, student understand the instruction, understand the information but the student is not correct in drawing the line into the coordinate field

Keywords: critical thinking, problem posing type post solution posing, visualizer-verbalizer cognitive style.








Published
2018-06-05
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 68