PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MENGAJUKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • RAHMAWATI INDAH SRI KUSDIANTARI
  • MASRIYAH

Abstract

Abstrak

Berpikir kreatif perlu dikembangan dalam pembelajaran. Dalam berpikir kreatif, seseorang melakukan suatu proses berpikir yang disebut dengan proses berpikir kreatif. Proses berpikir kreatif merupakan tahapan berpikir seseorang untuk memunculkan ide baru dengan cara mensintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, dan menerapkan ide. Untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa, guru dapat memberikan tugas pengajuan masalah (problem posing) yang kontekstual dalam pembelajaran matematika. Dalam mengajukan masalah, siswa memiliki ide yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan setiap siswa.

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMA dalam mengajukan masalah matematika kontekstual ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Sidoarjo. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan proses berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam mengajukan masalah matematika kontekstual pada (1)tahap mensintesis ide didasarkan pada pengalaman belajar di kelas dan pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan SPLTV, (2)tahap membangun ide, membuat permasalahan SPLTV yang biasanya ada dalam kehidupan sehari-hari dan melihat permasalahan sebelumnya yang telah dipecahkan, (3)tahap merencanakan penerapan ide, siswa memiliki ide tentang jual beli barang dan umur seseorang serta mempertimbangkan permasalahan sebelumnya dalam memilih satu ide dari yang lain, (4)tahap menerapkan ide, siswa menerapkan ide yang telah direncanakan dan mempertimbangkan angka yang akan digunakan agar perhitungannya tepat. Sedangkan proses berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika sedang dalam mengajukan masalah matematika kontekstual pada (1)tahap mensintesis ide didasarkan pada pengalaman belajar di kelas dan pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan SPLTV, (2)tahap membangun ide, membuat permasalahan SPLTV yang sudah umum dan sering dijumpai dan melihat kehidupan sehari-hari, (3)tahap merencanakan penerapan ide, siswa memiliki ide tentang jual beli alat sekolah dan buah-buahan serta mempertimbangkan permasalahan yang sudah umum dijumpai dalam memilih satu ide dari yang lain, (4)tahap menerapkan ide, siswa menerapkan ide yang telah direncanakan dan mempertimbangkan angka yang akan digunakan agar perhitungannya mudah.

Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Masalah Matematika Kontekstual, Kemampuan Matematika.

Abstract

Creative thinking needs to be developed in learning. In creative thinking, someone performs a thought process called creative thinking process. Process of creative thinking is thought process of someone to find a new idea by synthesizing the idea, building the idea, planning the implementation of the idea, and applying the idea. In order to know process of creative thinking of students, teachers can give contextual problem posing task in mathematics learning. Students pose the problem with their own ideas based on their abilities.

The purpose of this research is to describe the process of creative thinking of senior high school students in proposing contextual mathematic problems in terms of mathematical ability. Researcher chose qualitative descriptive research methodology to conduct research in the 10th grade of SMA Negeri 3 Sidoarjo. Data were gained using tests and interview methods.

The result showed that creative thinking process of student who have high mathematic ability in (1)stage of synthesizing idea based on classroom learning experiences and daily experiences about SPLTV, (2)stage of building idea, created SPLTV problem that usually exist in daily life and sight the previous problem, (3)stage of planning the implementation of idea, student has ideas about buying and selling things and age of a person then considered previous problem to choose one idea from another, (4)stage of applying idea, student applied the ideas that have been planned and considered the numbers that will be used for exact calculations. Creative thinking process of student who have intermediate mathematic ability in (1)stage of synthesizing idea based on classroom learning experiences and daily experiences about SPLTV, (2)stage of building idea, created SPLTV problem that are common and often encountered and notice the daily life, (3)stage of planning the implementation of idea, student has ideas about buying and selling school tools and fruits then considered problem that are common and often encountered to choose one idea from another, (4) stage of applying idea, student applied ideas that have been planned and considered the numbers that will be used for easy calculations.

Keywords: Creative Thinking Process, Contextual Mathematic Problems, Mathematical Ability.




Published
2018-07-05
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 81