PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • EVA KURNIA ZURIATUH MUHFIDAH
  • ENDAH BUDI RAHAJU

Abstract

Abstrak

Berpikir kritis adalah suatu proses berpikir seseorang dalam melakukan sesuatu atau membuat keputusan yang masuk akal dari permasalahan yang dihadapi dan keputusan tersebut berdasarkan kriteria focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview (FRISCO) pada setiap langkah pemecahan masalah (memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali). Terdapat hubungan yang sangat erat antara berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu permasalahan yang membutuhkan berpikir kritis adalah permasalahan mengenai materi persamaan kuadrat. Strategi dalam memecahkan masalah yang dihadapi dipengaruhi oleh kemampuan matematika, sehingga perbedaan kemampuan matematika memungkinkan adanya perbedaan berpikir kritis siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa SMP kelas IX SMPN 3 Porong tahun ajaran 2017/2018 yaitu masing-masing satu siswa kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah persamaan kuadrat, dan pedoman wawancara.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu subjek berkemampuan matematika tinggi menunjukkan profil berpikir kritis sesuai dengan kriteria FRISCO pada setiap langkah pemecahan masalah, tetapi subjek tidak menunjukkan kriteria overview pada tahap merencanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Subjek berkemampuan matematika sedang menunjukkan profil berpikir kritis sesuai dengan kriteria FRISCO pada setiap langkah pemecahan masalah, tetapi subjek tidak melalui kriteria FRISCO pada tahap memeriksa kembali. Subjek berkemampuan matematika rendah menunjukkan profil berpikir kritis sesuai kriteria FRISCO tetapi subjek tidak melalui kriteria overview pada setiap langkah pemecahan masalah. Subjek juga tidak melalui kriteria reason pada tahap merencanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Selain itu pada tahap memeriksa kembali subjek tidak melalui semua kriteria FRISCO.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat, Kemampuan Matematika.

Abstract

Critical thinking is a process of thinking a person in performing an action or making a reasonable decision of a problem and the decision made is based on the criteria of focus, reason, inference, situation, clarity, and overview (FRISCO) on each problem solving step (understanding problem, planning on the problem solving, problem-solving, and re-check). There is a very close relationship between critical thinking and problem solving. One of the problems that requires critical thinking is the matter of quadratic equations problem solving. The strategy in solving the problems encountered is affected by the ability of mathematical skill, so that differences in mathematical skillmay allow for differences in students critical thinking.

The purpose of this study to describe the profile of critical thinking of junior high school students in solving the problem of quadratic equation in terms of mathematical skill. The subjects of this research consisted of 3 students of class IX of State Junior High School 3 Porong academic year 2017/2018 in which each students is of high, medium, and low mathematical skills. Instruments used of mathematical ability test, quadratic equation problem solving test, and interview guidance.

The result of this research is the subject with the high skilled level shows a critical thinking profile according to the FRISCO criteria on each problem solving step, but the subject does not re-check everything that has been done so that the subject does not show the overview criteria of the planning stage of problem solving and reviewing. Subject with the medium skill level is demonstrating a critical thinking profile according to the FRISCO criteria on each problem solving step, but subject is not passing the FRISCO criteria at the re-examining stage. Subject with the low skilled level shows a critical thinking profile according to the FRISCO criteria but subject does not go through the overview criteria on each problem solving step. The subject also does not go through the reason criteria at the planning stage of problem solving and reviewing. Also in the re-examination stage the subject does not go through all the FRISCO criteria.

Keyword: Critical thinking, Problem solving, Quadratic Equation, Mathematical Skill.




Published
2018-07-05
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 47