PENALARAN ADAPTIF SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENGAJUKAN SOAL MATEMATIKA

  • IHDA FARIHATUS SADIYAH
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Penalaran adaptif merupakan salah satu lima kecakapan matematis yang harus dimiliki siswa, sehingga perluudikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengetahui penalaran adaptif siswa adalah aktivitas pengajuan masalah. Tipe pengajuan soal dalam penelitian ini adalah post solution posing. Post solution posing adalah siswa mengajukan soal setelah menyelesaikan soal yang diberikan. Tujuan penelitian iniuuntuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa SMP dalam mengajukan soal matematika berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakannpenelitian deskriptif kualitatis yang dilaksanakan di SMPN 1 Gresik kelas VIII-D, tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan dataamenggunakan metode tes dan wawancara .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penalaran adaptif siswaareflektif dan impulsif dalam mengajukan soal. Siswa reflektif dalam menyelesaikan soal menunjukkan memahami informasi dan petunjuk soal dengan cermat, menyelesaikan soal dengan penuh hati-hati dan ketelitian sehingga jawaban yang diperoleh benar. Siswa reflektif menjelaskan prosedur yang digunakan secara benar dan detail, memeriksa kembali disetiap langkah penyelesaian, membuktikan kebenaran dari jawaban yang diperoleh, dan dapat menyimpulkan dengan benar. Siswa impulsif cenderung lebih cepat dalam menyelesaikan soal, tetapi kurang teliti dan tidak cermat sehingga banyak terjadi kesalahan dalam perhitungan. Siswa impulsif tidak menjelaskan secara detail mengenai prosedur yang digunakan dalam menyelesaikan soal, tidak melakukan pemeriksaan kembali atas jawaban yang diperoleh. Pada pengajun soal, siswa bergaya impulsif cenderung hanya sedikit melakukan perubahan dalam memodifikasi soal sedangkan siswa reflektif mengajukan soal dengan banyak memodifikasi soal mengubah informasi hingga mengubah pertanyaan dari soal.

Kata kunci: Penalaran adaptif, pengajuan soal, pengajuan soal post solution posing, gaya kognitif reflektif-impulsif.

Abstract

Adaptive reasoning is one of the five mathematical skills students must possess, so it needs to be developed in math learning in schools. One of the strategies that can be used to find out students adaptive reasoning is the activity of problem solving. Type of problem in this research is post solution posing. Post solution posing is the student asking questions after solving the given problem. The purpose of this study is to describe the adaptive reasoning of junior high school students in proposing math problems based on cognitive style. This research is a descriptive qualitative research conducted in SMPN 1 Gresik class VIII-D, academic year 2017/2018. Data collection using test methods and interviews.

The results showed that there were differences in the students reflective and impulsive reflection of reasoning in posing post solution poses. The reflective student in solving the problem shows the understanding of the information and instructions carefully, solving the problem carefully and thoroughly so that the answers obtained are correct. Reflective students explain the procedures used correctly and in detail, re-examine each step of the settlement, prove the truth of the answers obtained, and can conclude correctly. Impulsive students tend to respond more quickly in solving problems, but less careful and not careful so that many errors in the calculation. Impulsive students do not explain in detail the procedure used in solving the problem, do not re-examine the answers that have been obtained. In the questioner, the impulsive-style students tend to do little to modify the problem while the reflective students ask questions with a lot of modifying questions about changing information to change the question of the question.

Keywords: Adaptive reasoning, problem posing, post solution posing, reflective-impulsive cognitive style.




Published
2018-07-10
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 124