PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • WAHYU KHUSNAWIYATI
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Kemampuan=berpikir kritis merupakan salah=satu alat yang digunakan dalam=kehidupan sehari-hari dalam menghadapi=tantangan untuk bertahan hidup. Guru=mampu meningkatkan=berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika salah satunya melalui pemberian=masalah open-ended. Berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah open-ended=berbeda-beda. Perbedaan=berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah open-ended salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa.

Penelitian ini menggunakanberpikir kritis Facione yang terdiri dari kriteria interpretasi, analisis, evaluasi, inerensi, penjelasan, dan regulasi diri. Tujuan peneitian ini dalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika dalam memecahkan masalah open-ended.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa gambaran tentang profil berpikirkritis dengan kemampuan matematika dalam memecahkan masalah open-ended. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa dari SMP Negeri 6 Tuban kelas VIII, dengan masing-masing mewakili kemampuan matematika tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah open-ended, dan wawancara.

Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua kriteria berpikir kritis Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan, dan regulasi diri. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dan rendah hanya mampu memenuhi beberapa kriteria saja. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memberikan jawaban soal dengan 2 alternatif jawaban yang berbeda dan mampu menyelesaikan soal dengan runtut sesuai yang direncanakan, siswa dengan kemampuan sedang hanya mampu memberikan satu alternatif jawaban dan mampu menyelesaikan soal dengan runtut sesuai yang direncanakan, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu memberikan alternatif jawaban.

Kata kunci: berpikir kritis, masalah open-ended, kemampuan matematika

Abstract

Critical thinking skills is one of tools=used in daily life for dealing with=challenges in order to survive. Teacher are capable to improve students’ critical thinking in mathematics through an open-ended problem. The students’ critical thinking in solving an open-ended problem is different. The difference of students’ critical thinking in solving an open-ended problem is affected by students’ mathematics ability.

This research used critical thinking by Facione, such as interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, and self-regulation. This research aims to describe the profile of studets’ critical thinking through mathematics ability in solving an open-ended [roblem.

This research is a qualitative-descriptive resulting descriptive data in the form of illustration about the profile of critical thinking through mathematics ability in solving an open-ended problem. The subject involved in this research consists of 3(three) students of Public Junior High School 6 Tuban grade 8, each of them represented high, average, and low mathematics ability. The data collection technique was conducted through mathematics ability test, open-ended problem solving test, and interview.

This research showed that student who had high mathematics ability was capable to fulfill the entire Facione’s of critical thinking: interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, and self-regulation. The student who had average and low mathematics ability was only able to fulfill several. The student who had high mathematics ability was capable to answer the questions with two different alternative answers and able to complete the questions properly as planned, the student who had average mathematics ability was only able to give one alternative answer and able to complete the questions properly as planned, the student who had low mathematics ability was not able to give alternative answer.

Keywords: critical thinking, open-ended problem, mathematics ability






Published
2018-07-10
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 91