KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TURUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITIVE

  • MOKHAMMAD MISBAKHUL ABID
  • ENDAH BUDI RAHAJU

Abstract

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis adalah kecakapan yang dimiliki seseorang dalam berpikir yang dilakukan secara sistematis dalam mengolah informasi yang diperoleh ketika dihadapkan pada suatu masalah sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat yang didasarkan pada pertimbangan informasi yang logis dengan melibatkan klarifikasi, asesmen, strategi, dan inferensi. Kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Salah satu permasalahan matematika yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkannya adalah masalah turunan. Dalam memecahkan masalah turunan pastinya membutuhkan kemampuan dalam memahami dan memproses informasi. Cara seseorang untuk memproses informasi dipengaruhi oleh tipe kepribadian. Penggolongan kepribadian berdasarkan cara memperoleh informasi dibedakan menjadi 2 yaitu sensing dan intuitive. Sehingga dimungkinkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari kepribadian sensing dan intuitive.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam memecahkan masalah turunan ditinjau dari tipe kepribadian sensing dan intuitive. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 4 SIDOARJO yang terdiri dari 1 siswa berkepribadian sensing dan 1 siswa berkepribadian intuitive dengan kemampuan setara dan jenis kelamin sama. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sedangkan instrumen pendukungnya antara lain Keirsey Temperament Sorter Test (KTST), Tes Pemecahan Masalah Matematika (TPMM), dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis pada setiap kategori berpikir kritis yaitu klarifikasi, asesmen, inferensi, dan strategi dengan menyesuaikan setiap langkah pemecahan masalah (merumuskan masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, memeriksa kembali penyelesaian).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa sensing dan intuitive. Pada tahap merumuskan masalah subjek sensing dan intuitive mampu memenuhi semua kemampuan klarifikasi. Pada tahap membuat perencanaan subjek sensing dan intuitive dapat menunjukkan kemampuan berpikir kritis kategori asesmen yaitu kemampuan dalam memberikan alasan terhadap pemilihan informasi yang relevan, kemampuan dalam menyebutkan konsep terkait, kemampuan dalam memberikan alasan terhadap strategi yang dipilih serta kemampuan strategi yang ditunjukkan dengan mampu menentukan langkah yang mengarah pada solusi. Namun subjek sensing tidak menunjukkan kemampuan membuat prediksi sedangkan subjek intuitive dapat menunjukkan kemampuan tersebut. Pada tahap melaksanakan perencanaan subjek sensing dan intuitive menunjukkan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan proses yang tepat. Namun subjek sensing tidak dapat menunjukkan kemampuan membuat kesimpulan sedangkan subjek intuitive mampu memenuhinya. Pada tahap memeriksa kembali subjek sensing hanya memenuhi kemampuan berpikir kritis asesmen dan inferensi pada indikator menilai kebenaran langkah pemecahan dan membuat generalisasi. Sedangkan subjek intuitive dapat memenuhi semua kemampuan inferensi dan asesmen.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Sensing, Intuitive.

Abstract

Critical thinking ability is the person’s skills to think that done systematically in processing information obtained when faced with a problem so as to make decisions appropriately based on logical information considerations by involving clarification, assessment, strategy, and inference. The ability to think critically in solving problems is one of the goals of learning mathematics. One of the mathematical problems that require critical thinking skills in solving them is a derivative problem. In solving the derivative problem surely requires the ability to understand and process information. Ones way of processing information is influenced by personality type. Personality classification based on how to obtain information is divided into 2 that is sensing and intuitive. So it is possible there are differences in students critical thinking skills with sensing and intuitive personality.This research is a qualitative descriptive research with the aim to describe the critical thinking ability of high school students in solving derivatif problems based on sensing and intuitive personality types. The subjects of this research is students of class XII IPA SMAN 4 SIDOARJO that consist of 1 students with sensing personality and 1 intuitive personality students with equal ability and same sex. The main instrument in this study is researchers while supporting instruments, among others Keirsey Temperament Sorter Test (KTST), Mathematical Problem Solving (TPMM), and interview. Data were analyzed based on critical thinking ability indicators in each critical thinking category, is clarification, assessment, inference, and strategy by adjusting each problem-solving step (understand the problem, make a plan, do the plan, look back).The results showed that there was a difference of critical thinking ability between sensing and intuitive students. At the stage of formulating the subject matter sensing and intuitive able to meet all the ability of clarification. At the stage of making the sensing and intuitive subject planning can show the critical thinking skills of the assessment category is the ability to provide reasons for the selection of relevant information, the ability to mention related concepts, the ability to provide the reasons for the chosen strategy and the ability of the strategy shown by being able to determine the steps leads to a solution. But the subject of sensing does not show the ability to make predictions while the intuitive subject can demonstrate that ability. At the stage of carrying out the sensing and intuitive subject planning shows the ability to solve problems with the right process. But the subject of sensing can not show the ability to make conclusions while the intuitive subject is able to fulfill them. At the re-examining stage the sensing subject only meets the critical thinking skills of the assessment and inference on the indicators of assessing the truth of the solution step and making generalizations. While the intuitive subject can meet all inference and assessment capabilities.

Keywords: Critical Thinking Ability, Problem Solving, Sensing, Intuitive.

Published
2018-07-11
Abstract Views: 256
PDF Downloads: 314