PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER-VERBALIZER

  • MOHAMMAD ROMDHON BAEHAQI
  • IKA KURNIASARI

Abstract

Abstrak

Komunikasi menjadi hal yang sangat vital dan penting, khususnya dalam pelajaran matematika. Komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika bagi siswa bermanfaat mendapatkan pemahaman matematika yang lebih baik dan memiliki ingatan lebih lama tentang pengetahuan matematika saat mereka memecahkan masalah. Perbedaan gaya kognitif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi individu dalam pemecahan masalah matematika. Adapun komunikasi yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah komunikasi matematika tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Peneltian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gresik. Subjek penelitian ini terdiri dari masing-masing satu siswa dengan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Instrumen penelitian terdiri dari Tes VVQ dan Tes Komunikasi Matematika Tulis (TKMT).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif visualizer (SVS) memiliki komunikasi matematika dengan rincian sebagai berikut: pada langkah memahami masalah, subjek menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara tidak akurat, lengkap, dan tidak lancar. Pada langkah membuat rencana penyelesaian, subjek menggunakan strategi penyelesaian dengan akurat, lengkap, dan lancar; subjek menuliskan istilah/notasi matematika secara tidak akurat, lengkap, dan lancar; subjek membuat gambar/sketsa beserta keterangan secara akurat, tidak lengkap, dan lancar. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian, subjek menuliskan langkah-langkah perhitungan secara akurat, tidak lengkap, dan lancar. Sedangkan pada langkah memeriksa kembali, subjek menuliskan kesimpulan dengan akurat, tidak lengkap, dan lancar. Subjek dengan gaya kognitif verbalizer (SVB) memiliki komunikasi matematika dengan rincian sebagai berikut: pada langkah memahami masalah, subjek menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dengan tidak akurat, tidak lengkap, dan lancar. Pada langkah membuat rencana penyelesaian, subjek menggunakan strategi penyelesaian secara tidak akurat, lengkap, dan tidak lancar; subjek menuliskan istilah/notasi matematika secara tidak akurat, lengkap, dan tidak lancar; subjek membuat gambar/sketsa beserta keterangan secara akurat, lengkap, dan lancar. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian, subjek menuliskan langkah-langkah perhitungan dengan tidak akurat, lengkap, dan lancar. Sedangkan pada langkah memeriksa kembali, subjek menuliskan kesimpulan secara tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar.

Kata kunci: komunikasi, pemecahan masalah, gaya kognitif

Abstract

Communication becomes very vital and important, especially in mathematics learning. Mathematical communication in mathematics learning for students is beneficial to gain a better understanding of math and have longer memories of mathematical knowledge as they solve problems. Differences in cognitive style are one of the factors that influenced the individual in solving mathematical problems. The communication that will be discussed in this research is written mathematical communication. The purpose of this study is describing the mathematical communication profile of students in solving mathematical problems based on cognitive style of visualizer and verbalizer. This research was descriptive research with qualitative approach which is implemented in SMP Negeri 1 Gresik. The subjects of this study consist of one student with cognitive style visualizer and one student with cognitive style verbalizer. The research instruments consist of the VVQ Test and the Mathematics Communication Test.

The results of this study indicate that the subject with visualizer cognitive style (SVS) has a mathematical communication with the following details: on the step of understanding the problem, subject writes down the things that are known and asked inaccurately, completely, and influently. In the step of making a solution plan, subject uses an accurate, complete, and fluent strategy; subject writes the mathematical terms/notations inaccurately, completely, and fluently; subject draws the figure/sketches along with information accurately, incomplete, and fluently. In the step of implementing the solution plan, subject writes down the calculation steps accurately, incompletely, and fluently. While at the step of looking back, subject writes the conclusions accurately, incompletely, and fluently. Subject with cognitive verbalizer style (SVB) has a mathematical communication with the following details: on the step of understanding the problem, subject writes down the things that are known and asked inaccurately, incompletely, and fluently. On the step of making a solution plan, subject uses the an inaccurate, complete, and influently; subject writes mathematical terms/notations inaccurately, completely, and influently; subject draws the figure/sketches along with information accurately, complete, and fluently. On the step of implementing the solution plan, subject writes down the calculation steps inaccurately, completely, and fluently. While at the step of checking again, subject writes the conclusions inaccurately, incomplete, and influently.

Keywords: communication, problem solving, cognitive style.






Published
2018-07-13
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 117