Profil Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer

  • FAZA RAHMALITA MAHARANI
  • ABDUL HARIS ROSYIDI

Abstract

Abstrak

Penalaran adaptif berkaitan erat dengan pemecahan masalah karena berperan dalam menentukan kebenaran dari strategi pemecahan masalah. Penalaran adaptif dipengaruhi oleh gaya kognitif individu. Gaya kognitif yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memproses suatu informasi dalam bentuk verbal atau visual yaitu gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa bergaya kognitif visualizer dan satu siswa bergaya kognitif verbalizer. Kedua subjek memiliki kemampuan matematika setara dan berjenis kelamin sama. Data dikumpulkan dengan memberikan angket gaya kognitif, tes kemampuan matematika dan wawancara berbasis tugas. Data dianalisis berdasarkan indikator penalaran adaptif dalam memecahkan masalah matematika.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa bergaya kognitif visualizer menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, tidak selalu menggunakan huruf awal dari kata objek untuk memodelkan suatu permasalahan dan memberikan alasan dalam menentukan sesuatu sebagai hal-hal yang diketahui dan ditanyakan. Menemukan adanya pola atau keteraturan pada masalah yang diberikan baik pola yang tertulis pada masalah maupun tidak tertulis dan menyusun konjektur terkait strategi penyelesaian masalah berdasarkan pola tersebut. Tidak memberikan alasan bahwa strategi penyelesaian yang digunakan benar dan tidak melakukan kesalahan dalam perhitungan. Memeriksa kebenaran dari pernyelesaian yang diperoleh dengan memberikan alasan bahwa rumus yang digunakan sesuai dengan rumus matematika dan menyesuaikan jawaban dengan informasi yang diketahui. 2) Siswa bergaya kognitif verbalizer menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan namun tidak memodelkan suatu permasalahan dan memberikan alasan dalam menentukan sesuatu sebagai hal yang diketahui dan ditanyakan. Menemukan pola atau keteraturan pada masalah jika pola tersebut tertulis pada masalah dan menyusun konjektur terkait strategi penyelesaian masalah berdasarkan pola tersebut. Tidak memberikan alasan bahwa strategi penyelesaian yang digunakan benar dan melakukan melakukan kesalahan dalam perhitungan. Memeriksa kebenaran dari penyelesaian yang didapatkan dengan memberikan alasan bahwa rumus yang digunakan dalam penyelesaian sudah sesuai dengan rumus matematika. Namun, siswa bergaya kognitif verbalizer juga menggunakan perasaaannya untuk memeriksa kebenaran dari penyelesaian yang didapatkan.

Kata Kunci: Penalaran adaptif, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif, visualizer, verbalizer

Abstract

Adaptive reasoning is closely related to problem solving because it plays a role in determining the legitimacy of problem-solving strategies. Adaptive reasoning is influenced by the individuals cognitive style. Cognitive style associated with the ability of a person in processing an information in the form of verbal or visual verbalizer cognitive style and visualizer. This study aims to describe the students adaptive reasoning in solving mathematical problems based on visualizer-verbalizer cognitive style.

This research is a qualitative research. The subjects consisted of one cognitive visualizer-style student and one cognitive verbalizer-style student. Both subjects have equal mathematical abilities and are of the same gender. Data were collected by providing a cognitive style questionnaire, mathematics and task-based interviews. Data were analyzed based on adaptive reasoning indicators in solving mathematical problems.

The results show that: 1) The cognitive visualizer-style student determines the things that are known and asked, not always using the initial letter of the word object to model a problem and give a reason in determining something as the things that are known and asked. Finding a pattern or regularity on a given problem is either a written pattern on the problem or unwritten and constructs a conjecture of problem-solving strategies based on that pattern. It does not provide a reason that the completion strategy used is correct and does not make any mistakes in the calculations. Examine the truth of the completion obtained by giving the reason that the formula used matches the mathematical formula and adjusts the answer with the known information. 2) The cognitive verbalizer-style student determines what is known and asked but does not model a problem and provides a reason for determining something as known and asked. Find a pattern or regularity on the problem if the pattern is written on the problem and construct a conjecture related to the problem-solving strategy based on that pattern. It does not give a reason that the completion strategy used is correct and make a mistake in the calculation. Examine the truth of the settlement obtained by giving the reason that the formula used in the settlement is compatible with the mathematical formula. However, cognitive verbalizer-style students also use their feelings to check the truth of the settlement obtained.

Keywords: adaptive reasonig, mathematical problem solving, cognitive style, visualizer, verbalizer.




Published
2018-07-13
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 95