KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUANaMATEMATIKA SISWA

  • RIRIN NUR JANNAH
  • Endah Budi Rahaju

Abstract

Berpikir reflektif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi dan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendorong proses berpikir selama pemecahan masalah, karena memberikan kesempatan untuk belajar dan memikirkan strategi terbaik dalam proses pemecahan masalah. Namun dalam pembelajaran matematika, berpikir reflektif kurang diperhatian guru. Dalam memecahkan masalah matematika, selain memperhatikan kemampuanaberpikir reflektif juga perlu memperhatikan kemampuanamatematika siswa. Sedangkan kemampuanasetiap individu untuk menerima dan mengolah suatu informasi pasti berbeda-beda.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuana matematika rendah dalam pemecahkan masalah SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini dipilih tiga siswa berjenis kelamin perempuan dari kelas VIII-A SMP Negeri 2 Taman yang memiliki kemampuan matematika tinggi, kemampuana matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mampu melakukan semua komponen berpikir reflektif yaitu Reacting, Elaborating, dan Contemplating pada setiap tahapan pemecahan masalah Polya. Subjek berkemampuan matematika sedang hanya mampu melakukan sebagian komponen berpikir reflektif yaitu Reacting, Elaborating pada setiap tahapan pemecahan masalah Polya. Siswa berkemampuan matematika rendah hanya mampu melakukan Elaborating pada tahap memahami masalah Polya.

Kata Kunci: Berpikir reflektif, pemecahan masalah matematika, kemampuan matematika.




Published
2018-07-20
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 127