IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENGAJUAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

  • SRI MULYANI BM
  • SITI MAGHFIROTUN AMIN

Abstract

Abstrak

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan siswa untuk bertanya adalah dengan pengajuan soal (problem posing). Pengajuan soal (Problem posing) adalah suatu tugas yang meminta siswa untuk mengajukan soal kemudian menyelesaikan soal yang dibuatnya. Dalam proses pengajuan soal, soal yang dibuat oleh siswa memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Peneliti ingin mengetahui apakah perbedaan tingkat kesulitan soal yang dibuat siswa tersebut juga berkaitan dengan jenis kelamin yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pengajuan soal matematika Kelas VIII SMP ditinjau dari jenis kelamin dengan indikator: (1) kaitan soal dengan materi, (2) dapat tidaknya soal dipecahkan, (3) tingkat kesulitan soal, (4) jawaban atas soal yang diajukan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Siswa laki-laki: mampu mengajukan soal yang sesuai dengan materi, semua soal yang diajukan termasuk soal yang dapat dipecahkan dengan persentase 100%, tingkat kesulitan soal yang diajukan mencapai level applying dan jawaban atas soal yang diajukan sebagian besar benar walaupun penyelesaian kurang terperinci 2. Siswa perempuan: hampir semua soal yang diajukan sesuai dengan materi, hampir semua soal yang diajukan dapat dipecahkan dengan persentase 98,84%, tingkat kesulitan soal yang diajukan mencapai level analyzing dan jawaban atas soal yang diajukan hampir semua memiliki jawaban benar dengan penyelesaian lebih terperinci.

Kata Kunci: pengajuan soal, kemampuan pengajuan soal, jenis kelamin

Abstract

One way that can be used to increase the ability of students to ask is by problem posing. Problem posing is a task that asks students to construct questions then solve it. In problem posing process, problems created by students have different difficulty levels. In posing a problem, students make problems that have different levels of difficulty. Researcher wants to know whether the difficulty level of the problems difference is also related to the students’gender. Therefore, this research aimed to describe the ability of 8th Grade students’mathematics problem posing based on gender differentiation. Indicators by: (1) the matter in posing mathematics problem, (2) whether the problem can be solved, (3) the difficulty level of the problem, (4) the answer of the questions posed. The results of this research are: 1. Male students were able to pose a problem that related to the topic, all of the questions posed is included in problems that can be solved, the difficulty level of the problem posed reaches the level of “applying” and the answer to the proposed problems mostly are correct although less detailed 2. Female student: Almost all of the problem posed are related to the topic, almost all of the questions posed can be solved (98.84%), the difficulty level of the problem posed reaches the level of “analyzing” and almost all the answer are correct and presented in detail.

Keywords: problem posing, ability of problem posing, gender




Published
2018-07-23
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 51