PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

  • SISKA DWI VIDIA NINGSIH
  • PRADNYO WIJAYANTI

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat menunjukkan tingkat kemampuan siswa. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam matematika, guru dapat memberikan soal dari yang mudah terlebih dahulu hingga soal berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Dalam Revisi Taksonomi Bloom, tingkatan higher order thinking meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator menganalisis (differentiating), mengevaluasi (checking), dan mencipta (generating).

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal higher order thinking matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang memiliki kemampuan matematika yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dapat memilih informasi-informasi yang penting di dalam soal, dapat memeriksa kebenaran suatu pernyataan dan membuktikan kebenaran pernyataan tersebut, dan dapat menyusun penyelesaian dari informasi yang telah diketahui untuk membentuk pola yang baru. siswa perempuan juga dapat memilih informasi-informasi yang penting di dalam soal, dapat memeriksa kebenaran suatu pernyataan dan membuktikan kebenaran pernyataan tersebut, dan dapat menyusun penyelesaian dari informasi yang telah diketahui untuk membentuk pola yang baru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan matematika setara memiliki kemampuan yang sama dalam menyelesaikan soal higher order thinking matematika.

Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Higher Order Thinking, Taksonomi Bloom, Jenis Kelamin.






Published
2018-07-24
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 57