PROFIL PENALARAN KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

  • FAIZATUL FIRDAUSI
  • ABDUL HARIS ROSYIDI

Abstract

Abstrak

Penalaran kreatif adalah proses berpikir dalam menciptakan solusi baru dan masuk akal melalui hubungan-hubungan yang diketahui. Cara setiap orang dalam menghubungkan informasi-informasi ataupun menyusun ide-ide disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif dibagi menjadi dua yaitu gaya kognitif field independent dan field dependet.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran kreatif siswa SMP pada materi persamaan linier satu variabel ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Subjek penelitian ini terdiri dari satu siswa kelas VII SMP bergaya kognitif field independent dan satu siswa bergaya kognitif field dependent dengan jenis kelamin yang sama dan kemampuan Matematika yang setara. Subjek penelitian dipilih melalui tes gaya kognitif Group Embedded Figures test (GEFT) dan tes kemampuan matematika, sedangkan profil penalaran kreatif subjek dilihat dari tes penalaran kreatif dan wawancara. Data hasil tes penalaran kreatif dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator yang dikembangkan dari kriteria penalaran kreatif yaitu kebaruan, masuk akal, dan berdasarkan matematika.

Berdasarkan hasil penelitian, siswa bergaya kognitif field independent dan siswa bergaya kognif field dependent mengungkapkan kembali soal dengan keseluruhan informasi yang dibutuhkan dari sebagian informasi yang disediakan serta menyebutkan hal yang harus diselesaikan dengan benar. Kedua siswa menjelaskan kesesuaian informasi dengan pertanyaan soal, menemukan hal yang baru dari soal, dan mempertimbangkan hal yang terlibat dalam penyelesaian soal berdasar pada konsep Matematika serta pernyataan soal yang dibutuhakan. Adapun siswa field independent yang disertai dengan berdasar pada melihat perbedaan dan kesamaan dari setiap informasi. Kemudian kedua siswa mengembangkan hal tersebut menjadi rencana yang belum pernah dibuat dan dilakukan sebelumnya. Akan tetapi siswa field dependent tidak melibatkan semua hal yang pertama kali terpikir tersebut dalam mengembangkannya, siswa melewatkan informasi yang penting dalam membuat penyelesaian soal. Siswa field independent dan field dependent menerapkan strategi yang dikembangkannya dan menjelaskan setiap langkah penyelesaiannya berdasarkan konsep Matematika dan sesuai dengan situasi soal. Siswa meyakini penyelesaian yang dibuat telah menjawab soal berdasarkan pada pertanyaan soal dan jawaban yang dibuat.

Kata Kunci: penalaran kreatif, gaya kognitif.

Abstract

Creative reasoning is the process of thinking in creating new and plausible solutions through known relationships. The way of everyone relates information or organizes ideas is called cognitive style. Cognitive style is divided into two field independent and field dependet cognitive style.

This research is a qualitative descriptive research that aims to describe profile of junior high school students’ on linier equetion in one variabel based on cognitive style field dependent and field independent. The subjects are students of grade 7th with the same mathematics competence and sex that is consisted of a student who have field independent cognitive style and a student who have field dependent cognitive style. Research subjects were selescted through Group Embedded Figures Test (GEFT) and mathematics competence test, while the subjects’ creative reasoning profile was viewed from creative reasoning tests and interviews. The results of creative reasoning tests and interviews are analyzed based on indicators developed from creative reasoning criteria that are novelty, plausibility, and mathematical foundation.

Based on the results of the study, cognitive field-style independent students and cognitive-style field dependent students revisit the problem with the overall information required from some of the information provided and mentions things to be solved correctly. Both students explain the suitability of information with questions about problems, find new things from the problem, and consider the things involved in the solution of the problem based on the concept of Mathematics and the statement of matter that is required. independent field students are also based on seeing the differences and similarities of each information on the task. Then the two students develop it into a plan that has never been made and done before. However, field dependent students do not involve all the things that first thought in developing it, the students missed the important information in making the problem solving. Field independent students and field dependent students apply the strategies they develop and explain each step of the solution based on the Mathematical concept and according to the problem situation. Students believe the completed solution has answered the question based on the question and answer made.

Keywords: creative reasoning, cognitive style.








Published
2018-07-25
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 47