IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

  • KHOFIDHOTUR ROFIAH
  • MASRIYAH

Abstract

Abstrak

Matematika memiliki peran penting dalam mengembangkan daya pikir manusia, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis penting untuk diajarkan kepada siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat diajarkan melalui pemecahan masalah. Strategi yang digunakan oleh siswa dalam memecahkan masalah dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif. Gaya kognitif dikelompokkan menjadi dua yaitu reflektif dan impulsif.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika open-ended ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa bergaya kognitif reflektif dan satu siswa yang bergaya impulsif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes gaya kognitif MFFT, tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematika open-ended dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis pada setiap langkah pemecahan masalah Polya.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam pemecahan masalah open-ended, siswa reflektif memenuhi tujuh indikator kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan untuk memahami dan mengungkapkan makna suatu informasi, kemampuan untuk membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan, kemampuan untuk menganalisis data, kemampuan mengumpulkan dan menyusun informasi, kemampuan untuk menemukan cara-cara penyelesaian, kemampuan untuk menarik kesimpulan, dan kemampuan mengevaluasi penyelesaian yang dibuat. Berdasarkan tingkat berpikir kritis, siswa reflektif termasuk dalam kategori sangat kritis. Sedangkan siswa impulsif dalam pemecahan masalah open-ended memenuhi empat dari tujuh indikator kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan untuk memahami dan mengungkapkan makna suatu informasi, kemampuan untuk membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan, kemampuan mengumpulkan dan menyusun informasi, serta kemampuan untuk menarik kesimpulan. Berdasarkan tingkat berpikir kritis, siswa impulsif termasuk dalam kategori cukup kritis.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

Abstract

Mathematics has an important role in developing the human mind power, one of them is critical thinking. The critical thinking abilities is important to be taught to students. It’s can be taught by problem solving. The strategy that is used to solve the problem can be affected by students’cognitive style. Cognitive styles can be grouped into two, namely reflective and impulsive.

The purpose of this research are to identify of students’ critical thinking abilities in open-ended mathematical problem solving based on reflective and impulsive cognitive style. The approach in this research is qualitative with descriptive research type. The subject of this research is consisted of a student who have reflective cognitive style and a student who have impulsive cognitive style. The data were collected by giving cognitive style test (MFFT), mathematics competence test, open-ended problem solving test, and interview. The data were analyzed by using indicator of critical thinking abilities (the ability to comprehend and express the meaning of information, the ability to distinguish relevant and irrelevant information, the ability to analyze data, the ability to collect and organize information, the ability to find ways of completion, the ability to draw conclusions , and the ability to evaluate the completion) for each step of problem solving (understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, looking back).

The result of the research shows that the reflective student have seven critical thinking abilities indicator, they are the ability to comprehend and express the meaning of information, the ability to distinguish relevant and irrelevant information, the ability to analyze the data, the ability to collect and organize information, the ability to find ways of completion, the ability to draw conclusions, and the ability to evaluate the completion. Based on the level of critical thinking, reflective student are included in the category very critical. While impulsive student have four of the seven critical thinking abilitiesindikator, they are the ability to comprehend and express the meaning of information, the ability to distinguish relevant and irrelevant information, the ability to collect and organize information, and the ability to draw conclusions. Based on the level of critical thinking, impulsive student are included in the category quite critical.

Keywords: Critical Thinking Abilities, Problem Solving, Cognitive Style

Published
2018-08-23
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 50