PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

  • DYAH PUTRI DAMAYANTI
  • SITI KHABIBAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal higher order thinking dilihat berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini dilaksanakanadi SMPN 1 Srengat pada tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah dua siswa perempuan kelas VII, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif field independent dan satu siswa dengan gaya kognitif field dependent.

Instrumen dalam penelitian berupa tes kemampuan matematika (TKM), tes berpikir kritis pada pemecahan masalah (soal HOT), tes gaya kognitif berupa group embedded figure test (GEFT), serta pedoman wawancara. Indikator berpikir kritis sesuai dengan enam kriteria berpikir kritis FRISCO milik Ennis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview pada setiap empat langkah pemecahan masalah milik Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.

Berdasarkan analisis data hasil tes berpikir kritis dalam memecahkan masalah (soal HOT) dan data pada transkrip wawancara maka diperoleh deskripsi berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah higher order thinking sebagai berikut. 1) Siwa dengan gaya kognitif field independent menunjukkan kriteria FRISCO pada setiap langkah pemecahan masalah kecuali kriteria overview pada langkah membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali, serta tidak menunjukkan kriteria situation di langkah memeriksa kembali. 2) Siswa dengan gaya kognitif field depedent menunjukkan kriteria FRISCO namun tidak menunjukkan kriteria overview pada semua langkah pemecahan masalah, serta tidak menunjukkan kriteria clarity pada langkah membuat rencana dan memeriksa kembali.

Kata kunci: profil, berpikir kritis, pemecahan masalah, higher order thinking, gaya kognitif.

Abstract

This research is descriptive research with a qualitative approach that aims to describe the critical thinking students in higher order thinking problem based on field independent and field dependent cognitive style. This research was carried out at 1 Srengat Junior High School in 2017/2018 academic years. The subject of this research is two female students in VII grade, one student with field independent cognitive style and one student with field dependent cognitive style.

In this research used instrument in the form of mathematical ability test, critical thinking test (higher order thinking test), a cognitive style test in the form of group embedded figures test (GEFT), and interview guidelines. Indicators in this research adapted the six criteria of Ennis’s critical thinking (FRISCO) that is focus, reason, inference, situation, clarity, and overview on each of the four-step problem-solving belonged to Polya that is to understand the problem, make a plan, carrying out the plan, and check back.

Based on data analysis of critical thinking in higher order thinking problem and transcript interview, then retrieved a description of the students critical thinking in solving problems higher-order thinking as follows : 1) Student with field independent cognitive style has the critical thinking criteria (FRISCO) at each step problem solving except “overview” in make plans and implement plans. In the step of check back student has not criteria “situation” and “overview”. 2) Student with field dependent cognitive style has critical thinking FRISCO criteria except “overview” in all step problem solving and “clarity” in devising a plan and looking back.

Keywords: profile, critical thinking, cognitive style.
Published
2018-08-27
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 148