PROFIL MATEMATISASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • FEBBRYOLLA ANGGI VATMIKE PUTRI
  • PRADNYO WIJAYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian’ini’merupakan’penelitian’deskriptif’dengan’pendekatan’kualitatif’karena’tujuan yang dipaparkan oleh peneliti adalah untuk mendeskripsikan profil matematisasi horizontal dan’vertikal siswa SMA dalam menyelesaikan soal program linear ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek dari penelitian’ini’adalah’tiga siswa kelas XI MIPA SMAN 5 MADIUN tahun ajaran 2017/2018, yaitu’satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu’siswa berkemampuan matematika rendah.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan’matematika, tes matematisasi, dan pedoman wawancara. Indikator matematisasi yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan indikator matematisasi de Lange.

Berdasarkan analisis data profil matematisasi dalam menyelesaikan soal program linear dan transkip wawancara diperoleh deskripsi profil matematisasi siswa SMA sebagai berikut. (1) Untuk siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang pada matematisasi horizontal, mengorganisasikan semua informasi menjadi variabel matematika. Selanjutnya siswa mengidentifikasi semua konsep yang relevan untuk menyelesaikan soal. Berdasarkan konsep yang relevan, siswa membuat model matematika dan mengungkapkan rancangan langkah-langkah penyelesaian soal. (2) Untuk siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang pada matematisasi vertikal, menyelesaikan soal melalui model matematika yang sudah diperoleh pada matematisasi horizontal secara formal serta sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian konsep yang relevan. Siswa berkemampuan matematika tinggi menggunakan beberapa cara untuk menyelesaikan soal, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang hanya menggunakan satu cara. (3) Untuk siswa berkemampuan matematika rendah pada matematisasi horizontal, mengorganisasikan beberapa informasi menjadi variabel matematika. Selanjutnya siswa hanya mengidentifikasi satu konsep sebagai konsep yang relevan untuk menyelesaikan soal. Berdasarkan konsep yang relevan, siswa hanya membuat satu model matematika. Namun pada matematisasi horizontal ini siswa tidak mengungkapkan rancangan untuk menyelesaikan soal. Sedangkan pada matematisasi vertikal, siswa tidak menyelesaikan soal melalui satu model matematika yang sudah diperoleh pada matematisasi horizontal secara formal.

Kata kunci: profil matematisasi horizontal, profil matematisasi vertikal, menyelesaikan soal, soal program linear, kemampuan matematika.

Abstract

The type of this research is descriptive research with a qualitative approach, and the purpose is to describe the horizontal and vertical mathematization profile in high school students within solving linear program problem in terms of math ability. For the subjects of this research are three students in Senior High School 5 Madiun, grade XI MIPA 2017/2018. One student with high mathematics ability, one student with medium math ability, and another one with low math ability.

The instrument used in this research are math ability test, mathematization test, and interview guide. The mathematization indicator was adjusted to de Lange mathematization indicator.

Based on analysis of mathematization profile test in solving the linear program problem and interview transcripts, the writer gets a profile description of high school students mathematization profile such as. (1) Horizontal mathematization for high and medium math skills, the students organize all information to be mathematics variables. Next, the students identify all of concepts which as relevant concept within solving problem. Based on relevant concept, the students can make mathematics models and revealed design of completion steps. (2) Vertical mathematization for high and medium math skills, the students can solve the problem through mathematics models that obtained in horizontal mathematization on formal and corresponding with completion steps from relevant concept. Student with high math skills use some way for solve the problem, while the student with medium math skills just use one way. (3) Horizontal mathematization for low math skills, the students organize some information to be mathematics variables. Next, the students just identify one concept as relevant concept within solving problem. Based on relevant concept, the students just can make one mathematics model. However at horizontal mathematization, student can’t revealed design of completion steps . While for vertical mathematization, student can’t solve the problem through one mathematics model of obstacle/requirement that obtained in horizontal mathematization on formal.

Keywords: horizontal mathematization profile, vertical mathematization profile, problem solving, linear program, mathematical ability.

Published
2018-08-29
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 121