PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP

  • RISMA PUNGKY PRAWESTI
  • JANET TRINEKE MANOY

Abstract

Abstrak

Proses pendidikan dilakukan secara terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Tetapi banyak siswa yang malas belajar dalam berlatih atau membiasakan memecahkan dan menyelesaikan masalah terutama soal-soal matematika, memperdalam matematika dengan cara berlatih menyelesaikan soal-soal matematika sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa, sehingga guru dituntut untuk mampu mengelola pembelajaran agar siswa memiliki keinginan untuk belajar dan merasa menikmati pembelajaran yang sedang diberikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka salah satu tindakan guru yang dapat dilakukan yakni dengan cara memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa. Dalam hal ini digunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Taman. Kegiatan pembelajarannya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan untuk mengajarkan materi segiempat menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing sekaligus melakukan pengamatan terhadap kemampuan pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar pengamatan yang telah disusun, serta memberikan tes hasil belajar dan angket respon kepada siswa pada pertemuan ketiga setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing.

Dari hasil analisis data, diperoleh: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terhadap pembelajaran kooperatif Snowball Throwing tergolong efektif, karena terdapat lebih dari 3 aspek kemampuan pengelolaan pembelajaran dari ciri model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing yang mencapai kategori baik atau sangatl baik; (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif. 3 aspek aktivitas siswa yang merupakan ciri khas dari pembelajaran kooperatif Snowball Throwing yang dilakukan oleh siswa dengan frekuensi paling banyak yaitu ketika siswa membuat dan menulis soal matematika, mendiskusikan tugas atau bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah, dan menjawab pertanyaan di kertas kerja; (3) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing padal materi segiempat diperoleh hasil sebanyak 23 siswa atau 76,67% dinyatakan tuntas; (4) Angket respon terkait pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing pada materi segiempat memperoleh respon positif.

Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif Snowball Throwing

Abstract

The educational process is done in a planned manner to create an atmosphere of learning and learning process so the students actively develop their potential. But many students are lazy to learn in practice or get used to solve and solve problems, especially math problems, deepening math by practicing solving math problems is needed to improve students understanding, so teachers are required to be able to manage learning in order to make the students have a desire to learn and enjoy the learning that is being given. To overcome these problems, then one of the teachers actions that can be done that is by choosing the appropriate model of learning in accordance with the conditions of students. In this case, cooperative learning model of Snowball Throwing is being used.

This study is a descriptive study which aims to describe the management of learning, student activities during the learning process, student learning outcomes, and student responses to learning using cooperative learning model of Snowball Throwing. The approach used in this study is a qualitative approach and quantitative approach. Subjects in this study were teachers of mathematics and students of grade VII in SMP Negeri 1 Taman. The learning activities carried out during two sessions to teach the material quadrilateral using cooperative learning model Snowball Throwing, as well as make observations on the ability of learning management and student activity by using sheet observations that have been prepared, and provide test results and questionnaire response to students in the third meeting after learning by using cooperative learning model of Snowball Throwing.

From the analysis of the data, the obtained results are: (1) The ability of teachers to manage learning towards Snowball Throwing cooperative learning is effective, because there are more than 3 aspects of learning management skills from the characteristics of the Snowball Throwing cooperative learning model that gets the Good Category; (2) The activity of students during the learning process is quite active. 3 aspects of student activity which are characteristic of Snowball Throwing cooperative learning conducted by students with the most frequency is when students make and write math problems, discuss assignments or work in groups to solve problems, and answer questions on paperwork; (3) Student learning outcomes after following the learning with Snowball Throwing cooperative learning model in quadrilateral material obtained results as many as 23 students or 76.67% declared complete; (4) Questionnaire response related to learning using cooperative learning model of Snowball Throwing on rectangular material get positive responses.

Key words: Cooperative learning model Snowball Throwing






Published
2018-09-03
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 62