Peningkatan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Mojokerto Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI

  • ANDIKA ROSSY KIRANA PRASTITI
  • SITI MAGHFIROTUN AMIN

Abstract

Abstrak

Literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan rmasalah konteks nyata dengan kemampuan matematika yang dimilikinya, dimana dalam menyelesaikan masalah tersebut siswa melalui tiga proses yaitu merumuskan masalah (formulate), menerapkan konsep (employ), dan menafsirkan jawaban (interpret). Peningkatan literasi matematika merupakan kemajuan kemampuan literasi mamatika menjadi lebih baik dari sebelumnya melalui suatu usaha tertentu. Usaha yang dimaksud pada penelitian ini adalah melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Mojokerto, dengan sampel yang digunakan yaitu Kelas VIII A. Data yang diperoleh dari penelitian ini terdiri atas skor pretest dan skor posttest literasi matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan rubrik penyekoran. Hasil yang diperoleh pada pretest, skor terendah 12 dan skor tertinggi 52. Sedangkan hasil analisis posttest diperoleh skor terendah 44 dan skor tertinggi 93. Data yang diperoleh selanjutnya di uji normalitasnya guna mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Hasil uji normalitas data pretest menunjukkan bahwa X hitung² lebih kecil daripada X tabel² (6<11,070). Artinya data pretest berdistribusi normal dengan taraf nyata 0, 05. Selanjutnya dilakukan uji gain guna mengetahui besar peningkatan kemampuan literasi setiap siswa. Peningkatan dibagi menjadi tiga kategori yaitu: rendah, sedang, dan tinggi. Diperoleh hasil 5 siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi matematika dalam kategori tinggi, 22 siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi matematika dalam kategori sedang, 5 siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi dalam kategori rendah, dan 2 siswa tidak diketahui peningkatan kemampuan literasinya karena tidak mengikuti posttest. Rata-rata besar peningkatan kemampuan literasi matematika siswa Kelas VIII A yaitu 0,22 yang termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI terjadi peningkatan kemampuan literasi matematika.

Kata Kunci: peningkatan, literasi matematika, PMRI.

Abstract

Mathematical literacy is the ability of students to solve real context problems with their mathematical abilities, where in solving these problems students go through three processes, namely formulate the problems, apply their mathematical abilities, and interpret their answers. Improving mathematical literacy skills is the progress of mathematical literacy skills to be better than before through a particular effort. The effort in this study is using the PMRI approach. This research is a quantitative research using One Group Pretest-Posttest design. The study was carried out at SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. The sample used is class VIII A. The data obtained from this study consisted of pretest and posttest scores of mathematics literacy skills. The data obtained were analyzed using scoring rubric. The results obtained at the pretest showed that the lowest score is 12 and the highest score is 52. Moreover, the results of the posttest analysis obtained the lowest score of 44 and the highest score of 93. Then the data normality test is performed to find out whether the data is normally distributed or not. The results of the normality test of the pretest data showed that X hitung² smaller than X tabel² (6<11,070). It means that the pretest data is distributed normally with a significant level of 0,05. Then the gain test was conducted to determine the increase in each student. The increase is divided into three categories, namely: experiencing an increase in mathematical literacy skills in the low, medium, and high categories. The results obtained that as many as 5 students experienced an increase in mathematical literacy skills in the high category, 22 students experienced an increase in mathematics literacy skills in the medium category, 5 students experienced an increase in literacy skills in the low category, and 2 students were not known to have increased literacy skills or not because they were not following the posttest. The average increase in grade VIII A mathematical literacy ability is 0.22 which includes an increase in the low category. Thus it can be said that through learning with PMRI approaches there is an increase in mathematical literacy skills.

Keywords: increasing, mathematics literacy, PMRI.
Published
2018-09-05
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 110