PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

  • DWI ANANDA PUTRI ASYARI
  • SITI KHABIBAH

Abstract

Abstrak

Pembelajaran sejauh ini masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta – fakta yang harus di hafal dan guru sebagai satu – satunya nara sumber pengetahuan. Mereka merasa apa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka merasa dipaksa untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Menanggapi hal tersebut, maka perlu diterapkan pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada bidang akademik semata, akan tetapi bagaimana seorang peserta didik dengan hasil belajar yang dicapai dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik tidak lagi pasif dalam kegiatan pembelajaran yang semata – mata hanya melakukan kegiatan mendengarkan saja. Peserta didik harus diupayakan menjadi subjek belajar yang aktif membangun sendiri pemahaman terhadap materi yang dipelajari, sedangkan guru sebaiknya berperan sebagai fasilitator dan mediator yang kreatif agar peserta didik dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memahami dan mampu menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan materi dan karakteristik peserta didik sehingga dapat memfasilitasi aktivitas peserta didik dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilitasi aktivitas peserta didik dalam belajar adalah model pembelajaran kooperatif.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengola pembelajaran, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran, respon peserta didik setelah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Jumlah subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 3 Panarukan. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mengola pembelajaran berada pada kategori sangat baik (3,61), aktivitas peserta didik berada dalam kategori aktif (90,96), hasil belajar peserta didik dinyatakan tuntas secara klasikal (82,14), respon peserta didik terhadap model yang digunakan dalam kategori positif ≥70%.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual.

Abstract

Learning so far are still dominated by the view that of knowledge as a device a fact that must be in the memorized and teachers as the only link a source of knowledge. They feel learning into practice ineffectual in daily life, so that they are forced to learn that which he shows you are out of range. Responding to the event, education needs to be applied that is not only of oriented to the academic field alone, but how can one will students with learning outcomes achieved can use them in daily life. Students no longer passive in the activities of learning which he alone denominated just do listening there is just. School tuition attempts should also be made into the subject of examination of learning which active do not build themselves of understanding of material that is learned , while teachers should act as the facilitator and a mediator who creative that participants primary school students can learn in another atmosphere of fun. Hence, requiring teachers to understand and be able to apply several models of learning which he in accordance to the peculiarities of matter and characteristic of school tuition so that it can be facilitate the activity of students in learning. One of the models of learning that can be used to facilitate the activity of students in learning is cooperative kind of classroom.

The purpose of research is to describe the capability of teachers manage learning, the activity of students, study results after learning students, the response learners after learning mathematics use the model learning cooperated with the approach contextual.This research using research pre-eksperimental design one shot matter research case study.The subject of study the research is 28 students viia class SMP Negeri Panarukan. Research conducted obtained by observation, tests, and the survey.The result showed that the capability of teachers manage learning is the very good (3,61), the activity of students are in category active (90,96), learners study results were completed in klasikal (82,14), learners response to the model used in a category positive ≥70%.

Keywords: cooperative learning, contextual approach.
Published
2018-09-13
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 37