PROFIL SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL TIMSS DITINJAU DARI TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT

  • DINA MAY MAHARENI
  • PRADNYO WIJAYANTI

Abstract

Abstrak

Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika dan termasuk salah satu dari lima standar kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh siswa menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 2000). Taraf kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Indonesia dapat digambarkan pada hasil studi TIMSS yang diikuti oleh siswa kelas VIII pada tahun 2015 dengan posisi Indonesia menduduki urutan 36 dari 49 negara (TIMSS & PIRLS, 2015). Untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik, maka diperlukan kemampuan daya juang, sikap giat, semangat dan rasa pantang menyerah yang disebut dengan Adversity Quotient (AQ). AQ merupakan kecerdasan seseorang yang menggambarkan daya juang dalam mengatasi kesulitan atau tantangan. Stolz (2000) mengelompokkan AQ menjadi tiga yaitu Climber, Camper, dan Quitter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa SMP dalam memecahkan soal TIMSS berdasarkan AQ. Adapun indikator pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan dan pengecekan kembali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 16 Surabaya pada kelas IX – B tahun ajaran 2017/2018 dengan siswa satu siswa climber, camper dan quitter. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tiga metode yaitu metode pemberian angket, metode tes dan metode wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan profil siswa climber yaitu menyebutkan dan menuliskan seluruh informasi, mampu menjelaskan kembali dengan menggunakan bahasanya sendiri, merencanakan langkah penyelesaian dan melaksanakannya secara sistematis dan jelas serta selalu melakukan pemeriksanaan kembali. Profil siswa camper dalam memahami masalah yaitu membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, tidak menyebutkan seluruh informasi dan mampu menjelaskan kembali dengan menggunakan bahasanya sendiri, tidak menuliskan penyelesaian secara rinci dan tidak melakukan pemeriksanaan kembali. Profil siswa quitter dalam memahami masalah yaitu tidak menuliskan seluruh informasi dan menjelaskan kembali masalah dengan menggunakan bahasanya sendiri, mengalami kesulitan dalam merencanakan langkah penyelesaian dan memilih berhenti atau menyerah dalam menghadapi soal sulit, serta tidak melakukan pemeriksaan kembali.

Kata Kunci: Masalah Matematika, Pemecahan Masalah Matematika, soal TIMSS, Adversity Quotient.

Abstract

Problem solving is one of the goals of mathematics learning. Problem solving also includes one of the five standards of mathematical ability that must be possessed by students according to the National Council of Teachers of Mathematics (NCTM, 2000). Through mathematical problem solving, students will gain experience in using their knowledge and skills to solve a mathematical problem. The level of problem solving ability of Indonesian students mathematics can be described in the result of TIMSS study which was followed by the students of class VIII in 2015 with the position of Indonesia was ranked 36 out of 49 countries (TIMSS & PIRLS, 2015). To get a good learning achievement then required the ability to fight to achieve maximum learning achievement. It takes an enterprising, passionate and unyielding attitude when students are faced with a difficulty in solving math problems. That is the reason why Adversity Quotient (AQ) has an important role in solving mathematical problems. AQ is the intelligence of someone who describes a persons fighting power in overcoming difficulties or challenges. Stolz grouped into three types of AQ: climber, camper, and quitter. This study aims to describe the profile of students in solving the TIMSS problem based on AQ level. The problem solving indicators in this research are: understanding problems, planning problem solving, carrying out planning and re-checking. This research is a qualitative descriptive research conducted at SMP Negeri 16 Surabaya in class IX - B academic year 2017/2018 with subject one student climber, camper and quitter. The data in this research is obtained through three methods: questionnaire method, test method and interview method. The results showed that the climber students profile in understanding the problem of mentioning and writing all the information, being able to explain again by using his own language, planning the settlement and implementing it systematically and clearly and always doing the examination again. The camper students profile in understanding the problem is to take a relatively longer time, not to mention all the information and to be able to explain again by using his own language, not writing the completion in detail and not checking again. The profile of quitter students in understanding the problem is not writing all the information and re-explaining the problem using their own language, having difficulty in planning the settlement and choosing to quit or give up in the face of difficult questions, and not to re-examineKeywords: Mathematical Problems, Mathematical Problem Solving, TIMSS text, Adversity Quotient.
Published
2018-11-29
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 73