PENALARAN MATEMATIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DINTINJAU DARI EFIKASI DIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n1.p30-37Abstract
Abstrak
Penalaran matematis merupakan salah satu hal pokok yang harus dilakukan siswa ketika belajar matematika. Penalaran matematis siswa dapat dilihat melalui proses penyelesaian masalah yang dilakukan siswa, walaupun tidak semua kegiatan penalaran matematis dapat dilihat dari hasil tertulis pekerjaan siswa. Setiap siswa memiliki penalaran matematis yang berbeda-beda, ada berbagai faktor yang mempengaruhi perbedaan penalaran matematis siswa, salah satunya yaitu efikasi diri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika terkait dengan materi pola bilangan. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga siswa perempuan kelas VIII-4 MTs Negeri Sidorejo yang sudah mendapatkan materi pola bilangan sebelumnya serta memiliki efikasi diri yang berbeda, yaitu efikasi diri tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTs yang memiliki efikasi diri tinggi melakukan penalaran matematis dengan baik pada setiap penalaran matematis. Siswa MTs berefikasi diri sedang melakukan penalaran matematis dengan baik dalam menggunakan keteraturan pada pola dan struktur untuk menyusun konjektur, menguji konjektur yang diperoleh, merumuskan generalisasi berupa rumus umum dari konjektur yang diperoleh dan menggunakan rumus umum yang diperoleh untuk menyelesaikan masalah, namun tidak dalam memeriksa pola dan struktur untuk menemukan keteraturan dan memberikan alasan penggunaan rumus umum yang diperoleh dalam menyelesaikan masalah. Siswa MTs berefikasi diri rendah melakukan penalaran matematis dengan baik dalam menggunakan keteraturan pada pola dan struktur untuk menyusun konjektur dan merumuskan generalisasi berupa rumus umum dari konjektur yang diperoleh, namun tidak dalam memeriksa pola dan struktur untuk menemukan keteraturan, menguji konjektur yang diperoleh, menggunakan rumus umum yang diperoleh untuk menyelesaikan masalah dan memberikan alasan penggunaan rumus umum yang diperoleh dalam menyelesaikan masalah.
Kata kunci: penalaran matematis, masalah pola bilangan, efikasi diri.
Abstract
Mathematical reasoning is one of the main things students must do when learning mathematics. Students mathematical reasoning can be seen through the problem solving process by students, although not all mathematical reasoning activities can be seen from the written results of student work. Each student has different mathematical reasoning, there are various factors that influence differences in students mathematical reasoning, one of which is student self-efficacy.
This research is a descriptive research with a qualitative approach which aims to describe the mathematical reasoning of students who have high, medium and low self-efficacy in solving mathematical problems related to number pattern material. The subjects in this study were three female students of class VIII-4 of State Islamic Junior High School Sidorejo who had obtained the material of the previous number pattern and had different self-efficacy, there are high, medium and low self-efficacy. The method used in this research is test and interview methods.
The results show that junior high school student who have high self-efficacy do good reasoning on every mathematical reasoning. Junior high school student who have middle self-efficacy do good mathematical reasoning on using order in the pattern and structure to construct conjectures, testing the conjectures obtained, formulating generalizations in the form of general formulas obtained from conjectures and using general formulas obtained to solve problems, but not on checking patterns and structures to find regularity and provide reasons for using the general formula obtained in solving problems. Junior high school student who have low self-efficacy do good mathematical reasoning on use regularity in patterns and structures to construct conjectures and form generalizations in the form of general formulas obtained from conjectures, but not on examining patterns and structures to find order, examining conjectures obtained, using general formulas obtained to complete problem and provide reasons for using the general formula obtained in solving the problem.
Keywords: mathematical reasoning, number pattern problems, self-efficacy.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

