PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SMPDALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DAN GEOMETRIBERDASARKAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n2.p%25pAbstract
Kreativitas dalam pembelajaran matematika lebih banyak dihubungkan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Beberapa ahli mengemukakan bahwa ada perbedaan kreatifitas dan kemampuan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan. pada usia 12-13 tahun (usia sekolah SMP). Sehingga peneliti tertarik untuk melihat dan mendeskripsikan kreativitas siswa SMP laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar dan geometri.
Penelitian deskriptif ini dilakukan di SMPN 1 Bungah kelas VIII Unggulan yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes terbuka dalam menyelesaikan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji Chi kuadrat.
Hasil penilitian diketahui bahwa 45% siswa perempuan kelas VIII SMP memenuhi aspek kefasihan dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dengan kategori kreatif. Sebanyak 5% siswa perempuan memenuhi aspek kefasihan saja dalam menyelesaikan masalah aljabar dan 50% fasih dalam masalah geometri dengan kategori kurang kreatif. 50% siswa perempuan tidak memenuhi kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan baik dalam menyelesaiakan masalah aljabar maupun masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Siswa laki-laki kelas VIII SMP 8,3% memenuhi aspek kefasihan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 41,67% dalam menyelesaikan masalah geometri dengan kategori kurang kreatif, 91,7% tidak memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 58,33% dalam masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Tidak ada perbedaan antara kreativitas siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan geometri.
Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Perbedaan Gender
Downloads

