PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SMPDALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DAN GEOMETRIBERDASARKAN GENDER

  • NUR AIDA FITRI

Abstract

Kreativitas dalam pembelajaran matematika lebih banyak dihubungkan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Beberapa ahli mengemukakan bahwa ada perbedaan kreatifitas dan kemampuan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan. pada usia 12-13 tahun (usia sekolah SMP). Sehingga peneliti tertarik untuk melihat dan mendeskripsikan kreativitas siswa SMP laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar dan geometri.
Penelitian deskriptif ini dilakukan di SMPN 1 Bungah kelas VIII Unggulan yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes terbuka dalam menyelesaikan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji Chi kuadrat.
Hasil penilitian diketahui bahwa 45% siswa perempuan kelas VIII SMP memenuhi aspek kefasihan dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dengan kategori kreatif. Sebanyak 5% siswa perempuan memenuhi aspek kefasihan saja dalam menyelesaikan masalah aljabar dan 50% fasih dalam masalah geometri dengan kategori kurang kreatif. 50% siswa perempuan tidak memenuhi kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan baik dalam menyelesaiakan masalah aljabar maupun masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Siswa laki-laki kelas VIII SMP 8,3% memenuhi aspek kefasihan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 41,67% dalam menyelesaikan masalah geometri dengan kategori kurang kreatif, 91,7% tidak memenuhi aspek kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan 58,33% dalam masalah geometri dengan kategori tidak kreatif. Tidak ada perbedaan antara kreativitas siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaiakan masalah aljabar dan geometri.
Kata Kunci : Kreativitas Siswa, Perbedaan Gender

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 55