PROFIL PENGAJUAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

  • IKA WAHYUNI AGUSTINA

Abstract

Pengajuan soal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dalam matematika. Dalam mengajukan soal, salah satu faktor yang berpengaruh adalah perbedaan kemampuan matematika dan jenis kelamin. Siswa dengan kemampuan matematika dan jenis kelamin yang berbeda mempunyai kemampuan yang berbeda pula dalam pengajuan soal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengajuan soal matematika siswa Kelas VII SMP pada materi perbandingan berdasarkan perbedaan kemampuan matematika dan jenis kelamin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Plumpang Tuban, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Plumpang
Hasil analisis data menunjukkan: (1) Soal yang dapat dipecahkan siswa laki-laki berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 100%, 88,24%, dan 83,33%. Siswa perempuan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 95,83%, 100%, dan 100%. (2) Soal terkait materi yang diminta, siswa laki-laki berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 92,86%, 100%, dan 70%. Siswa perempuan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 95,65%, 100%, dan 77,78%. (3) Jawaban benar atas soal yang dibuat siswa laki-laki berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 92,86%, 93,33%, dan 80%. Siswa perempuan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebesar 78,26%, 66,67%, dan 77,78%. (4) Soal yang dibuat siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi adalah soal mudah, sedang, dan sulit. Siswa laki-laki berkemampuan sedang membuat soal sedang dan sulit, sedangkan siswa perempuan berkemampuan sedang membuat soal sedang. Siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah membuat soal mudah dan sedang.
Kata kunci: pengajuan soal, kemampuan matematika, jenis kelamin

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 39