PENGEMBANGAN INSTRUMENBLOOM DIGITAL ASSESSMENT (BDA)PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI KELAS VIII

  • AZHAR SYARIFUDDIN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang sudah merambah ke hampir semua aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan. Dalam pendidikan, terutama di Indonesia, sudah banyak dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan media digital, namun belum banyak dijumpai penggunaannya untuk proses evaluasi. Pada materi geometri di sekolah, media visualisasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Untuk itu perlu juga dalam proses evaluasinya menggunakan instrumen yang bisa memberikan visualisasi yang baik dan menarik sehingga meningkatkan minat dan mengurangi kecemasan siswa dalam melakukan tes. Di samping itu, penggunaan media digital sebagai instrumen evaluasi juga memudahkan guru dalam pengolahan nilai, karena dengan itu bisa dilakukan koreksi perhitungan secara langsung sekaligus dimungkinkan bagi siswa untuk segera mendapatkan feed back.
Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah instrumen penilaian berbasis digital yang diberi nama Bloom Digital Assessment (BDA) untuk materi pokok lingkaran di kelas VIII sampai didapatkan sebuah instrumen yang valid, reliabel, dan praktis. Dengan mengetahui hasil pengembangan instrumen ini, maka peneliti dapat memberikan alternatif instrumen penilaian materi pokok lingkaran di kelas VIII yang baik, menarik, praktis, dan mudah digunakan, serta dengan mengetahui proses pengembangannya, maka bisa dijadikan panduan untuk pembuatan instrumen evaluasi digital pada materi lain.
Kata kunci: instrumen evaluasi, valid, reliabel, praktis.

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 788