PROFIL MENTAL COMPUTATION SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • YUSUF ANSORI

Abstract

Mental computation didefinisikan sebagai suatu proses perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat bantu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam melakukan operasi hitung, termasuk operasi hitung penjumlahan tanpa menggunakan alat bantu.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil mental computation siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Profil mental computation yang diteliti adalah tentang strategi mental computation pada operasi penjumlahan. Terdapat empat strategi mental computation pada operasi penjumlahan yaitu aggregation, wholistic, separation dan separation left to right.
Hasil penelitian mental computation siswa berkemampuan matematika tinggi yang terdiri dari dua subyek yaitu R1 dan R4 yaitu R1 mengunakan strategi separation dan separation left to right. Sedangkan R4 mengunakan strategi aggregation dan separation left to right. Profil mental computation siswa berkemampuan matematika sedang terdiri dari dua subyek yaitu R2 dan R5yaitu R2 hanya mengunakan satu strategi yaitu separation left to right. Sedangkan R5 mengunakan strategi aggregation dan separation left to right. Profil mental computation siswa berkemampuan matematika rendah yaitu R3 mengunakan strategi wholistic dan separation left to right. Sedangkan R6 mengunakan strategi aggregation dan separation left to right. Dari hasil penelitian ini, tingkat kemampuan subyek tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap strategi mental computation yang digunakan oleh subyek. Siswa yang berkemampuan lebih rendah juga melakukan strategi pemisahan yang lebih efisien. Hal ini sesuai dengan pendapat Beishuzen’s (dalam Rogers, 2009)
yang menjelaskan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan lebih lemah akan cenderung melakukan strategi pemisahan yang lebih efisien.
Kata Kunci: Mental computation, aggregation, wholistic, separation, separation left to right, masalah kontekstual

Published
2013-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 99