Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Mobile Learning Schoology pada Materi Peluang
Abstract
Perkembangan teknologi berdampak pada aspek pendidakan, terutama bidang matematika. Pembelajaran pada abad 21 diharuskan mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran, dalam hal ini LMS berperan penting untuk mengintegrasikan TIK ke pembelajaran. Salah satu LMS yang ada yaitu Schoology. Schoology dalam perkembangannya juga sudah mempunyai aplikasi yang bisa diinstal di perangkat mobile hal itu mempermudah para guru dalam mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran karena perangkat mobile sudah umum digunakan pada anak jaman sekarang. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran menggunakan mobile Schoology akan menjadi suatu hal yang membantu. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Mobile Learning Schoology pada materi peluang, dan (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Mobile Learning Schoology pada materi peluang. Media Pembelajaran dikembangkan menggunakan metode pengembangan Hannafin & Peck dengan tiga fase yaitu fase Need asses, fase design, dan fase develop and implementation. Instrumen pendukung yang digunakan antara lain lembar validasi, lembar kepraktisan media pembelajaran serta tes hasil belajar dan angket respon siswa. Media Pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan baik jika memenuhi tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) valid dengan nilai total rata-rata skor 3,25, 2) praktis, berdasarkan penilaian umum yang diberikan para validator bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan dan hasil lembar kepraktisan siswa yang menunjukan presentase jawaban “YA” sebesar 100%, dan 3) efektif, dengan berdasarkan tes hasil belajar siswa yang menunjukan bahwa 77,8% siswa memperoleh nilai > 75 dan dari hasil angket respon siswa yang menunjukan hasil positif dengan nilai rata-rata total 75,75%.
Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, Schoology, peluang.PDF Downloads: 234