PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT

  • Watik Aprilia Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Masriyah Masriyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masalah merupakan pertanyaan yang dihadapi ketika tidak dapat diselesaikan dengan prosedur rutin. Untuk
menyelesaikan masalah matematika membutuhkan analisis atau prosedur lain. Masalah matematika yang
sering dijumpai dalam kehidupan salah satunya yaitu masalah segiempat. Menurut Polya, terdapat empat
fase proses pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan
perencanaan, dan memeriksa kembali. Terdapat salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan
pemecahan masalah, yaitu kepribadian seseorang yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa SMP pada materi segiempat yang mempunyai kepribadian ekstrovert atau introvert. Subjek penelitian
terdiri dari dua siswa kelas VII SMP dengan kemampuan matematika yang berbeda, di antaranya satu siswa
ekstrovert dan satu siswa introvert. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe kepribadian ekstrovertintrovert yang disebut Myer Briggs Type Indicator (MBTI), tes kemampuan matematika, tes pemecahan
masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa ekstrovert tidak mampu
melakukan keseluruhan tahapan dalam menyelesaikan permasalahan, siswa hanya mampu pada langkah
memahami masalah, namun siswa tidak mampu dalam membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan,
dan memeriksa kembali dan (2) siswa introvert mampu melakukan seluruh tahapan pemecahan dalam
menyelesaikan permasalahan, yang mencakup memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan
perencanaan, sampai pada tahap memeriksa kembali.

Published
2020-06-30
Abstract Views: 231
PDF Downloads: 619