PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL SISWA SMP DITINJAU dari KEPRIBADIAN MYER BRIGGS INDICATOR (MBTI)

  • Luthfia Laili Ayu Ns UNESA

Abstract

Seseorang dengan kepribadian yang berbeda maka akan memiliki karakteristik kemampuan yang berbeda
pula dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual. Terdapat banyak pengelompokan kepribadian,
salah satunya kepribadian Myer Briggs Type Indicator (MBTI) yang membagi seseorang dalam 16 tipe.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah kontekstual siswa SMP dengan tipe
kepribadian Introvert-Sensing-Thinking-Judging (ISTJ), Introvert-Sensing-Feeling-Judging (ISFJ),
Introvert-iNtuition-Thinking-Judging (INTJ), dan Introvert-iNtuition-Feeling-Judging INFJ. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kepribadian MBTI, Tes Kemampuan Matematika (TKM),
dan Tes Pemecahan Masalah Kontekstual. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas VIII
dengan kepribadian ISTJ, ISFJ, INTJ, dan INFJ dengan kemampuan matematika yang setara. Empat subjek
tersebut diberikan tes pemecahan masalah kontekstual untuk memperoleh data pemecahan masalah
kontekstual siswa dengan kepribadian yang ditetapkan peneliti. Hasil tes pemecahan masalah matematika
kontekstual dianalisis menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Pada tahap memahami masalah
subjek ISTJ dan ISFJ memperoleh dan menyajikan data sesuai dengan apa yang dilihat oleh inderanya
sedangkan subjek INTJ dan INFJ menghubungkan dengan informasi yang telah diketahui sebelumnya.
Pada tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek ISTJ dan INFJ melakukan analisa terlebih dahulu
sebelum mengeksekusikannya sedangkan subjek ISFJ dan INFJ cenderung membayangkan dan
merencanakan apa yang menurutnya benar. Pada tahap pelaksanaan rencana subjek ISTJ, ISFJ, INTJ, INFJ
melaksanakan rencana penyelesaian yang telah disusun secara sistematis dan runtut. Subjek ISTJ dan INTJ
memeriksa kembali dari langkah awal hingga akhir sedangkan subjek ISFJ dan INFJ hanya hitungan akhir.
Keempat subjek tersebut dapat menyimpulkan jawaban akhir.

Published
2021-02-01
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 572