Pengaruh Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika, Berpikir Kritis, dan Penalaran Adaptif Siswa

  • Evan Bagus Armanda Putra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra yang digunakan terhadap pemahaman konsep, berpikir kritis, dan penalaran adaptif pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada pokok bahasan, transformasi geometri yaitu pada materi translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa dan diberi perlakuan berupa pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra dengan diberikannya Pretest dan Posttest pada pembelajaran sebelum menggunakan GeoGebra dan setelah menggunakan GeoGebra. Lembar Pretest dan Posttest, lembar observasi aktifitas siswa, dan angket respon siswa digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini.

Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil penelitian ini yang berupa peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep, berpikir kritis, dan penalaran adaptif siswa. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan menunjukkan aktivitas siswa yang aktif selama pelaksanaan pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra. Hasil angket respon siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra dari semua aspek. 

Kata Kunci: Pembelajaran Pengajuan Masalah, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Penalaran Adaptif, GeoGebra.

Published
2021-05-21
Abstract Views: 274
PDF Downloads: 304